Tim Abdimas Umsida Lakukan Pendampingan Penyusunan Laporan SDG, Seperti Ini Hasilnya

Lembaga filantropi seperti Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) berkewajiban untuk berkontribusi pada keberlanjutan global seperti Sustainability Development Goals (SDGs). Namun pada belum semua pihak memahami dan dapat menyusun laporan SDG’s tersebut termasuk pihak Lazismu Jawa Timur. Berkaitan dengan hal tersebut tim abdimas Umsida yang diketuai oleh Dr. Sigit Hermawan, SE., M.Si melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk pendampingan penyusunan laporan Lazismu Jawa Timur.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi oleh Tim Abdimas Umsida tentang SDG’s, tujuan dan indikatornya kepada ketua, sekretaris dan manajer program Lazismu Jawa Timur pada tanggal 28 Februari 2024. Pada acara tersebut dijelaskan tentang 17 tujuan SDG’s mulai dari tujuan 1 sampai tujuan 17 beserta dengan indikator di setiap tujuan. Selanjutnya tim abdimas melakukan analisis data dan pemetaan atas pembiayaan dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh Lazismu Jatim selama tahun 2023 selama bulan Maret 2024 di laboratorium akuntansi Umsida. Ketua tim abdimas, Sigit Hermawan menjelaskan bahwa abdimas ini sebagai wujud dari implementasi matakuliah akuntansi keuangan, akuntansi sector public  dan manajemen strategi. “Bagi Lazismu inikan melengkapi laporan keuangan yang selalu di audit oleh KAP (Kantor Akuntan Publik). Nah laporan SDG’s ini selalu diminta oleh pemerintah dalam hal ini adalah Balitbangprov Jawa Timur sebagai realisasi dari kontribusi lembaga non pemerintah dalam mencapai tujuan SDG’s tahun 2030” ungkap Sigit yang juga sebagai Wakil Ketua Bidang 2 Audit Kepatuhan Lazismu Jawa Timur.

Pemetaan kegiatan SDG’s Lazismu Jatim dilakukan oleh Tim Abdimas yang terdiri dua dosen prodi akuntansi Umsida, yakni Sigit Hermawan dan Eny Maryati, serta dibantu oleh mahasiswa yakni Prastyo Utomo. Finalisasi pemetaan dilakukan pada akhir April 2024 dan sudah diperolehnya hasilnya. Dengan adanya laporan SDGs ini diharapkan akan menambah kiprah Lazismu Jatim untuk berkontribusi pada masyarakat dan negara sampai tujuan global (Cindy Ana)