DRPM UMSIDA memiliki visi:

“Menjadi unit pelaksana di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan kekayaan intelektual yang mendukung Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menjadi universitas yang unggul dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan masyarakat.”

DRPM UMSIDA mengubah visinya menjadi misi:

  1. Mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan penelitian, pengabdian masyarakat, dan kekayaan intelektual di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  2. Mendukung pelaksanaan pendidikan dan pengajaran secara profesional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berbasis pada nilai-nilai Islam.
  3. Meningkatkan penelitian sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Meningkatkan layanan masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat.
  5. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga-lembaga domestik dan asing dalam penelitian, pengabdian masyarakat, dan kekayaan intelektual.
  6. Meningkatkan tata kelola kelembagaan di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan kekayaan intelektual secara profesional berdasarkan nilai-nilai Islam.
  7. Mendukung peningkatan pengembangan dan pelatihan siswa berdasarkan nilai-nilai Islam.