JOB DESKRIPSI DRPM UMSIDA

DIREKTUR DRPM

  • Bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengimplementasikan RIP (Rencana Induk Penelitian)
  • Bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengimplementasikan Renstra Penelitian dan Abdimas UMSIDA
  • Bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengimplementasikan Regulasi yang berhubungan dengan Penelitian dan Abdimas UMSIDA
  • Bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengimplementasikan Regulasi yang berhubungan dengan Penelitian dan Abdimas Skim Dikti
  • Bertanggung jawab dalam merencanakan, mendistribusikan dan melaporkan penggunaan dana dan sumberdaya lainnya yang berhubungan dengan Penelitian dan Abdimas UMSIDA
  • Bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penyusunan dan implementasi Roadmap penelitian di lingkungan UMSIDA
  • Bertanggung jawab dalam meningkatkan kompetensi dosen di bidang penelitian dan abdimas
  • Bertanggungjawab dalam meningkatkan performance dan grade UMSIDA di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat
  • Bertanggung jawab dalam pelaksanaan monev penelitian dan abdimas
KABID PUBLIKASI ILMIAH

Menyusun rencana pelaksanaan publikasi artikel, jurnal ilmiah dan buku civitas akademia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

  • Bertanggung jawab pada publikasi artikel, jurnal ilmiah dan buku civitas akademia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Bertanggung jawab mengelola, dan menjalankan sistem guna mendukung publikasi artikel, jurnal ilmiah dan buku civitas akademia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan hibah internal maupun eksternal yang berkaitan dengan publikasi artikel, jurnal ilmiah dan buku civitas akademia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  • Bertanggung jawab mengkoordinasikan kerjasama dengan kolega, berkaitan dengan publikasi artikel, jurnal ilmiah dan buku civitas akademia Universitas Muhammadiyah
  • Bertanggung jawab mengupdate data sinta dosen universitas muhammadiyah sidoarjo
KASIE PENGELOLAAN JURNAL
  • Menyusun rencana    pengelolaan    jurnal     ilmiah     di    lingkungan    universitas muhammadiyah Sidoarjo
  • Mengkoordinir setiap    pengelola    jurnal    ilmiah     di    lingkungan    universitas muhammadiyah sidoarjo
  • Menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk memajukan pengelolaan jurnal ilmiah di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo
  • Melakukan pelatihan dan pendampingan tata kelola jurnal ilmiah untuk pengelola jurnal ilmiah di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo
  • Melakukan pengecheck kan terhadap pekerjaan pengelola jurnal ilmiah di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo
  • Mendukung semua kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan kabid publikasi
STAF ADMINISTRASI PUBLIKASI
  • Mendokumentasikan semua arsip surat masuk dan surat keluar DRPM UMSIDA
  • Membantu pekerjaan Kabid dan Kasie dalam membuat laporan kegiatan di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melayani keperluan dosen terkait dengan dokumen publikasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Mengecek dan Memvalidasi Artikel Mahasiswa
  • Mengajukan dan Melaporkan Nomor ISBN Buku ke Perpustakaan Nasional
  • Mengeck Plagiarisme dari Luar UMSIDA
  • Mengupload BUKU ke Web press.umsida.ac.id
  • Membuat SKTP untuk Kepangkatan Dosen
  • Membantu Administrasi Pengajuan dan Pelaporan Keuangan

KABID PENELITIAN

  • Bertanggungjawab meningkatkan dan membantu penelitin dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo;
  • Perencanaan penyusunan program dan kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo;
  • Pengkoordinasian dalam penyiapan bahan pelaksanaan kegiatan pada Seksi Penelitian dan Pengembangan Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo;
  • Pelaksanaan kegiatan Seksi Penelitian dan Pengembangan Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo;
  • Memantau, mengembangkan dan bertanggungjawab pada pengelolaan pusat studi di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo;
  • Memantau dan bertanggungjawab keuangan bidang penelitian, inovasi dan hilirisasi serta pusat studi di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

KASIE PENELITIAN

  • Bertanggung jawab meningkatkan dan membantu pengelolaan penelitian di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo;
  • Bertanggung jawab akan keuangan bidang penelitian di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Penelitian di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Mengumpulkan dan mengkaji data dan informasi lainnya sebagai bahan perumusan kebijakan teknis yang berhubungan dengan penelitian di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data bidang penelitian di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melaksanakan penelitian di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melakukan inventarisasi permasalahan penelitian di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Penelitian di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo.

KASIE INOVASI DAN HILIRISASI

  • Bertanggung jawab meningkatkan pengelolaan Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Bertanggung jawab akan keuangan bidang inovasi dan hilirisasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Menyusun rencana program dan kegiatan Seksi Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Mengumpulkan dan mengkaji data dan informasi lainnya sebagai bahan perumusan kebijakan teknis yang berhubungan dengan Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data bidang Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melaksanakan Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melakukan inventarisasi permasalahan Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Seksi Inovasi dan Hilirisasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Membantu atasan dalam mendorong dan mefasilitasi dosen dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo.

STAF PENELITIAN

  • Mengelola administrasi keuangan penelitian (pengajuan dan pelaporan) di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Membantu pekerjaan Kabid dan Kasie dalam membuat laporan kegiatan di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melayani keperluan dosen terhadap dokumen penelitian, inovasi dan hilisasi di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan di lingkungan universitas muhammadiyah sidoarjo.

KABID ABDIMAS DAN HKI :

  • Menyusun rencana pengembangan pengabdian kepada masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sesuai renstra
  • Memetakan kompetensi Dosen sekaligus pengabdi sesuai kebutuhan
  • Menjalin kersama regional dan nasional serta internasioal sebagai konsorsium untuk pengabdian
  • Menrencanakan strategi dan melaksanakan sosialisasi dan Mendampingi persiapan penyusunan proposal program Hibah pengabdian kepada masyarakat non Institusi (Dikti, Kemendikbud, LPDP, Pemerintah Daerah dan Pihak Ke tiga lainnya).
  • Mendukung Pemeringkatan PT dan Kinerja Prodi melalui capaian pengabdian kepada
  • Menciptakan skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang sesuai dengan kebutuhan institusi dan
  • Menkoordinir pelaksanaan semua skema KKN di lingkungan mitra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  • Menyusun rencana pengembangan Paten Institusi
  • Memetakaan hasil teknologi tepat guna dari riset maupun abdimas dosen dan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo agar terproteksi menjadi
  • Mendampingi penyusunan drafting paten dosen hingga
  • Menjalin kerjasama dengan sentra KI lain dan
  • Menjadikan bidang KI UMSIDA menjadi layanan KI, pendaftaran merk dan Paten oleh masyarakat
  • Menjadi Chief    Editor    Jurnal     Pengabdian     kepada     Masyarakat     Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

KASIE ABDIMAS DAN HKI

  • Bersama Kabid Menyusun rencana pengembangan program pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Bersama Kabid Membuat mekanisme pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Bersama Kabid Mengevalusi hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Melaksanan Program KKN dengan tim Task Force kepanitian KKN sesuai kebutuhan institusi dan Masyarakat
  • Bersama Kabid memberikan sosialisasi dan Mendampingi persiapan penyusunan proposal program Hibah pengabdian kepada masyarakat non Institusi (Dikti, Kemendikbud, LPDP, Pemerintah Daerah dan Pihak Ke tiga lainnya)
  • Bersama Kabid Memetakan potensi keilmuan dosen dan menindaklanjuti dalam kegiatan pendampingan kepada masyarakat
  • Menjalin kemitraan dengan kelompok masyarakat melalui abdimas berkelanjutan
  • Memberikan layanan pendampingan penyusunan HKI dosen, mahasiswa dan institusi
  • Memberikan layanan penyusunan draft paten bagi dosen, mahasiswa dan institusi
  • Melaksanakan rencana pengembangan peningkatan jumlah paten institusi
  • Memonitoring pengajuan paten dosen, mahasiswa dan institusi
  • Memberikan layanan pengajuan Hak cipta, merk dan paten kepada masyarakat luas
  • Bersama Kabid mengelola Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

STAFF ABDIMAS DAN KI

  • Memberikan layanan dokumen dan administrasi bidang Pengabdian kepada masyarakat untuk dosen dan prodi di lingkungan Universitas Muhammadiyah
  • Mendukung pelaksanaan kinerja bidang dan sie Pengabdian kepada masyarakat dan
  • Mengajukan dan melaporkan LPJ keuangan bidang dan sie Pengabdian kepada masyarakat dan
  • Mendukung program kerja DRPM dan Universitas Muhammadiyah
  • Mendokumentasikan kegiatan KI, Abdimas dan DRPM pada laman web maupun sosial media.
  • Berkoordinasi dengan unit di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk pelaksanaan program kerja DRPM dan Universitas Muhammadiyah.

Download