Koordinasi dan Evaluasi Pusat Studi UMSIDA : Ajang Laporan dan Motivasi antar Pengurus

KOMPAK : Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pusat Studi UMSIDA. Foto : Cindy DRPM UMSIDA

Sidoarjo,- Pusat Studi (PS) UMSIDA pada Selasa, 2 Juli 2024 menyelenggarakan rapat koordinasi dan evaluasi sebagai konsolidasi terakhir di Tahun Anggaran (TA) 2023/2024.

Rapat tersebut dibuka oleh Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UMSIDA,Dr.Sigit Hermawan,S.E.,M.Si,CIQaR,CRP. Dr Sigit menyampaikan bahwa penting bagi setiap PS untuk melaksanakan program kerja masing-masing sebagai manifestasi dari upaya memberi kemaslahatan yang lebih banyak bagi masyarakat.

Rapat dihadiri oleh PS Ekonomi dan Bisnis (PSEB), PS Pendidikan dan Budaya (PSPB), PS Kesehatan dan Psikologi (PSKP), PS Pangan dan Perikanan (PSPP), PS Lingkungan (PSL), PS Kebijakan Publik dan Media PSKPM), PS Rekayasa Engineering Sipil (PS RES) dan PS Sustainable Development Goals (PS SDGs).

Dalam laporan yang disampaikan oleh setiap PS yang hadir kepada Kepala Bidang Pusat Studi UMSIDA, Dr.Noor Fatimah Mediawati,S.H,M.H. dan Kepala Seksi Bidang Inovasi dan Pusat Studi , Arifin Mado,S.Pd.,M.Pd. tercatat beberapa progres.

PSEB saat ini sedang menjalankan kegiatan kemitraan dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sidoarjo dalam kerangka Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas. PSPB melaporkan bahwa PS telah menyelenggarakan Seminar Musicalogi yang bermitra dengan Dinas Kesenian Kabupaten Sidoarjo pada 2023.

PSKP memfokuskan untuk membantu masyarakat menuju zero stunting dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo.

PSL berencana melakukan studi banding ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan beberapa instansi lain guna menyiapkan embrio pembentukan kelompok mahasiswa tanggap bencana dan project green campus.

PSKPM tengah bersiap menyelenggarakan kegiatan pelatihan menulis berita online di awal Agustus 2024. Sebelumnya, PSKPM telah berhasil menggaet Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah dalam kajian pelimpahan kewenangan Bupati kepada Camat.

PSPP menggiatkan anggotanya dalam penulisan artikel dan book chapter. Selain mentarget pendaftaran minimal 4 (empat) Hak Kekayaan Inteltual di penghujung 2024.

PSRES, sesuai nama PS nya, menjalin kemitraan dengan Minarak Barantas ,Inc. untuk melakukan pemetaan sosial terkait rencana perusahaan tersebut membuat sumur  baru di salah satu desa di Kabupaten Sidoarjo.

PS SDGs menyiapkan diri untuk mengikuti Indonesia SDGs Action Awards 2024. Sebelumnya, PSSDGs telah melakukan kunjungan ke Universitas Brawijaya (UB) Malang dan UMM guna penguatan jejaring, dan aktif berkoordinasi dengan Bappenas RI. Saat ini,PSSDGs UMSIDA menjadi Sekretaris Korwil Jawa II (Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta) Indonesia SDGs Center Network melalui Ketua PSSDGs, Intan Rahma Nurmalasari,S.P,M.P. Rapat tersebut, selain menjadi ajang pelaporan kegiatan yang telah dan akan dilakukan PS, juga menjadi ajang motivasi antar PS. Bagi PS yang belum melaksanakan program karena kesibukan pengurus misalnya, menjadi tergerak untuk segera menjalankan kegiatan lantaran melihat PS lain melaju begitu kencang

(Noor Fatimah Mediawati/Arifin Mado)