Tim Abdimas Internal Berkolaborasi Dengan PDNA Sidoarjo Gelar Pendampingan Dan Penyuluhan Foodsafety Bagi Keluarga Dan Anak

Tim Abdi Masyarakat (Abdimas) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan seminar keamanan pangan di GKB 3 Lantai 7 Umsida pada Minggu (14/07/2024).

Pangan merupakan kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Bahan pangan yang dikonsumsi baik oleh anak, orang dewasa bahkan keluarga haruslah memenuhi kriteria yang layak dikonsumsi, aman , bermutu, bergizi, beragam serta memiliki harga yang terjangkau. Keamanan pangan atau foodsafety adalah suatu pedoman kesiapan, daya tanggap dan daya tampung makanan dan atau minuman agar tidak tercemar kemungkinan kontaminasi fisik, biologi, mikrobiologi dan kimia yang merugikan sesuai dengan peraturan pemerintah RI no. 28 Tahun 2004.  tidak jarang muncul kasus keracunan makanan dan obat disebabkan adanya kelalaian produsen, distributor dan pedagang makanan, selain itu ketidakpekaan dan ketidakjelian konsumsen terhadap bahan pangan.

Nasyiatul Aisyiyah adalah salah satu ortonom Muhammadiyah yang beranggotakan remaja-remaja putri dengan visi terbentuknya putri Islam yang berarti bagi keluarga, bangsa dan agama menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. salah satu misi Nasyiatul Aisyiyah adalah melaksanakan pencerahan dan pemberdayaan perempuan menuju masyarakat yang menjunjung tinggi harkat, martabat dan nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan ajaran Islam.   Perempuan  memiliki andil yang sangat vital dalam keluarga sehingga perlu dilakukan edukasi, penyuluhan dan pendampingan terkait bagaimana keamanan pangan atau foodsafety, dimana pengetahuan tersebut dapat digunakan sebagai bekal baik dalam mempersiapkan makanan untuk dikonsumsi sehari-hari, ataupuan makanan olahan yang dijual kembali.

Kegiatan pengabdian masyarakat internal UMSIDA diketuai oleh Ketua Prodi Teknologi Pangan  Rahmah Utami Budiandari S.TP,MP dengan beranggotakan dosen prodi teknologi pangan Rima Azara S.TP.,MP dan dosen prodi akuntansi Nur Ravita Hanun SE., MA. Sedangkan mitra yang digandeng adalah Nasyiatul Aisyiyah Daerah Sidoarjo khususnya Departemen Ekowil. Pada kesempatan pendampingan dan penyuluhan dihadiri oleh 50 peserta dari Asosisasi Pengusaha Nasyiatul Aisyiyah atau APUNA. APUNA merupakan wadah bagi ayunda-ayunda Nasyiatul Aisyiyah se-Sidoarjo yang bergelut dibidang wirausaha, khususnya yang berfokus pada bidang usaha makanan dan minuman.

Kegiatan pengabdian ini mengandeng salah satu dosen prodi Teknologi Pangan Bapak Lukman Hudi S.TP,M.MT.  selain  sebagai dosen beliau juga tergabung sebagai anggota Halal Center UMSIDA.  Pada kesempatan ini Pak Lukman memaparkan tentang keamanan pangan atau foodsafety, prinsip-prinsip keamanan pangan, cara pengolahan makanan dengan baik dan benar bahkan memberikan contoh adanya kasus keracunan makanan akibat kesalahan proses pengolahan.

“Untuk menjadikan makanan yang dikonsumsi itu aman, tidak hanya yang penting matang saja, tapi juga harus diperhatikan bahan tambahan pangannya, dan juga sanitasinya.” Ujar Pak Lukman di salah satu materinya. selain itu Lukman juga menyinggung mengenai dasar-dasar Good Manufacturing Practice (GMP), Hazard Analytical and Critical Control Point (HACCP), dan langkah-langkah pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) agar APUNA atau UMKM-UMKM yang ada dapat memiliki identitas usaha yang terverifikasi.

Pada kegiatan ini pula ayunda-ayunda APUNA diberikan sajian yang merupakan produk turunan dan olahan mahasiswa  Prodi Teknologi Pangan itu sendiri  yaitu lemper bakar, rolade sayur, hingga gethuk lindri, serta tak lupa buah sebagai pelengkap makanan seimbang.  “Produk-produk tersebut dapat dijadikan contoh sebagai produk olahan pangan yang terjamin keamanannya karena memakai bahan tambahan pangan alami dan dengan takaran yang sudah sesuai standar.” Tutur Bu Tami.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan tidak hanya sekedap penyuluhan tetapi juga pendampingan ayunda-ayunda APUNA hingga memperoleh NIB dan legalitas usaha hingga nomor sertifikasi  PIRT, besar harapan agar kegiatan ini memberikan dampak positif bagi UMSIDA sendiri dan bagi ayunda-ayunda APUNA dan Nasyiatul Aisyiyah khususnya daerah Sidoarjo.

Penulis :  Danya Moza, Allysa