TLM Umsida Berikan pelatihan Pemeriksaan Mikrobiologi

Fikes.umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus melihatkan dedikasinya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun keberlanjutan Sustainable Development Goals (SGD’s). Salah satu kegitannya adalah peran nyata para dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) dalam bidang mikrobiologi.

Kegiatan ini berlangsung pada Laboratorium Kedokteran dan diikuti oleh siswa SMK Muhammadiyah 1 Pandaan, Rabu (7/8/2024). Dalam dunia kesehatan, pemeriksaan mikrobiologi memegang peran penting dalam diagnosis penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan parasit. Untuk itu pelatihan ini dilakukan untuk pembuatan media dan sterilisasi pemeriksaan mikrobiologi.

Baca juga: FIKES UMSIDA Gelar Pembekalan PKL Mahasiswa Prodi D4 Teknologi Laboratorium Medis untuk Menyongsong Profesi

D4 Teknologi Laboratorium Medis Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (TLM Umsida) menurunkan beberapa dosen yakni Chylen Setiyo Rini SSi Msi sebagai ketua, Jamilatur Rohmah SSi Msi dan Miftahul Mushlih SSi MSc sebagai anggota.

Dalam pelatihan kali ini, tim TLM Umsida memberikan pelatihan berupa Pembuatan media dan sterilisasi pemeriksaan mikrobiologi dari sampel air minum bentuk implementasi SDG’s. Pelatihan ini tidak hanya fokus pada materi melainkan menekan pada keterampilan pratik di laboratorium.

 Chylen Setiyo Rini mengungkapkan “Tujuan utama dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam praktik mikrobiologi dan memastikan kehidupan yang sehat bagi semua kalangan,” ujarnya.

Pembuatan media mikrobiologi

Pembuatan media mikrobiologi merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh para siswa. Tim TLM Umsida memberikan penjelasan mengenai berbagai media yang dapat digunakan, yakni media basal atau umum yang digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan media serta media pengaya digunakan untuk memberikan ruang kepada mikroba untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat dari jenis lainnya. 

Selama pelatihan, tim dibantu oleh asisten laboratorium (aslab) dalam memberikan langkah-langkah pembuatan media, mulai dari penimbangan, pelarutan, penyetrilan, penuangan dan pewadahan atau pembungkusan.

Baca juga: Kolaborasi 2 Prodi Umsida dalam Abdimas Meningkatkan Digital Marketing dan Branding Sekolah

Tahapan pelatihan

Pelatihan dimulai dengan memberikan materi mikrobiologi, dimana dalam pemberian materi ini siswa dapat memahami konsep dasar tentang mikrobiologi, jenis mikroorganisme yang bisa ditemukan, dan diberikan kesempatan untuk praktik langsung.

Para siswa diperkenalkan dengan berbagai alat dan bahan yang akan digunakan untuk praktik mikrobiologi. Selanjutnya para siswa diajarkan cara mempersiapkan media, yang mencakup pengenalan peralatan mikrobiologi, termasuk ingkubator untuk menginkubasi sampel serta mereka diajarkan cara untuk melakukan sterilisasi alat dan bahan.

Dalam pelatihan ini, para siswa diajarkan cara mempersiapkan media untuk mikroorganisme, yang merupakan langkah awal untuk pemeriksaan mikrobiologi. Selain itu pelatihan ini juga sejalan dengan komitmen TLM Umsida untuk mendukung pencapaian SGD’s.

Melalui pelatihan ini para siswa tidak hanya mendapatkan keterampilan praktik yang berharga, tetapi mereka juga mendapatkan materi dan berdiskusi bersama. Hal ini dilakukan agar para siswa memahami dengan apa yang sudah mereka dapatkan selama menjalani pratikum.

Peran dosen dan tim TLM Umsida dalam pembuatan media dan sterilisasi pemeriksaan mikrobiologi bukan hanya sebatas penyampaian materi saja. Ini terlihat bukan hanya materi saja yang mereka berikan tetapi juga memberikan pratik secara langsung kepada siswa.

Penulis: Ayunda H