Bimbing Para Guru TPQ Muhammadiyah MELEK Tata Administrasi Digital

Pusat Studi AIK UMSIDA Kolaborasi dengan PCA &PCM Waru

Tim Pusat Studi Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan (PS AIK)) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo bersama beberapa anggota melakukan pendampingan kepada para Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Muhammadiyah. Pendampingan dilaksanakan dengan tema melek tata Administrasi TPQ di Era Teknologi Digital. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan sebagai upaya yang konstruktif untuk membantu para Guru di TPQ dalam menyesuaikan dengan era teknologi digital yang massive.  Acara yang dihadiri oleh seluruh TPQ Muhammadiyah se-Kecamatan Waru merupakan peristiwa yang dinanti oleh para Guru TPQ Muhammadiyah Waru. Bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Deltasari Indah Waru Sidoarjo, hari rabo, 28 Agustus 2024.  Kegiatan pendampingan yang diagendakan satu hari itu berlangsung dengan menyenangkan, serius, dan sukses.

Pimpinan Cabang Aisyiyah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan dukungan atas terselenggarakannya kegiatan pendampingan tata administrasi TPQ Muhammadiyah Se-Kecamatan Waru yang dilaksanakan oleh Pusat Studi AIK Umsida. Bu Ida Wahyuni Pimpinan Cabang Aisyiyah Waru menyampaikan bahwa Guru-guru TPQ adalah Ustadz dan Ustadzah yang shalih shalihah, anak-anak kita harus dididik oleh orang-orang yang shalih dan shalihah. Jika para Guru TPQ Muhammadiyah mendidik dengan tepat dan benar maka kebaikan yang akan diperolehnya tidak hanya di dunia namun juga di akherat. Selain itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang hadir, Ustadz Ali Rahim, S.Ag M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa, TPQ-TPQ Muhammadiyah harus terus berbenah apalagi dengan kondisi perkembangan zaman yang semakin maju. Era informasi berbasis digital sudah tidak bisa dihindari begitu juga dengan tata kelola administrasi TPQ Muhammadiyah di bawah Persyarikatan Muhammadiyah. Lebih lanjut, Pimpinan Cabang Aiysyiyah dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah mengatakan bahwa program-program Umsida yang mendorong kemajuan dan kemakmuran amal usaha mohon terus ditingkatkan. Selain itu, Pak Ali Rahim sebagai ketua Majelis Tabligh juga menyampaikan kepada Tim Pusat Studi AIK untuk tidak bosan-bosan mengadakan kegiatan-kegiatan yang mampu menggelorakan semangat dan menggerakkan untuk kemajuan amal usaha Muhammadiyah di Kecamatan Waru Sidoarjo.

Meskipun pendampingan dilaksanakan hanya dalam sehari di Gedung Dakwah Muhammadiyah Deltasari Waru, semua yang hadir seluruh TPQ sewilayah kecamatan Waru merasa senang atas adanya kegiatan ini. Ada dua nara sumber yang menyampaikan materi, narsum pertama menyampaikan tentang pentingnya memaknai amal dalam pendidikan Muhammadiyah. Narsum kedua, Ustadzah Diyah Nihaya menyampaikan tentang tertib Administrasi TPQ, Sistem pelaporan TPQ yang baik, dan trend pelaporan data kelembagaan TPQ secara online Kementerian Agama RI. Setelah diselenggarakan kegiatan ini harapan para Guru TPQ Muhammadiyah Waru pada Pusat Studi AIK, mereka mengharapkan ada kegiatan lanjutan untuk memastikan seluruh TPQ Muhammadiyah mempunyai system dokumentasi kelembagaan yang ideal.

Ainun Nadlif