Drpm.umsida.ac.id – KKNP 52 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menghadirkan inovasi dalam pembelajaran numerasi di SDN Kemasantani, kecamatan Gondang, kabupaten Mojokerto.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman numerasi siswa kelas 1 dan 2 dengan memanfaatkan teknologi tepat guna.
Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi yang Menyenangkan
Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari guru dan siswa. Para mahasiswa KKN-P Umsida memperkenalkan metode belajar sambil bermain dengan memanfaatkan game edukatif berbasis web.
Game ini dirancang khusus untuk membantu siswa memahami konsep angka, hitungan dasar, dan pola matematika dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Menurut Kepala SDN Kemasantani, pendekatan ini sangat efektif karena anak-anak merasa lebih antusias dan terlibat dalam pembelajaran.
“Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN-P Umsida sangat menarik, terutama bagi siswa kelas 1 dan 2. Anak-anak sangat senang belajar dengan media interaktif seperti ini,” ujar Kepala Sekolah.
Selain menggunakan game berbasis web, mahasiswa juga memanfaatkan proyektor untuk menampilkan permainan dan latihan numerasi secara langsung di layar besar. Hal ini membantu siswa lebih fokus dan mudah memahami konsep yang diajarkan.
Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Numerasi

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa KKN-P Umsida mendampingi setiap siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan numerasi yang muncul dalam game. Untuk meningkatkan motivasi belajar, mahasiswa memberikan reward atau hadiah kecil kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.
Seorang guru SDN Kemasantani juga mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran sangat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap numerasi.
“Penggunaan teknologi tepat guna dalam pembelajaran numerasi ini terbukti meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa. Metode ini tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga membantu mereka lebih cepat menguasai konsep matematika dasar,” ujar salah satu guru.
Para siswa terlihat sangat bersemangat mengikuti setiap tantangan yang diberikan melalui game interaktif tersebut. Salah satu siswa mengungkapkan rasa senangnya karena pembelajaran menjadi lebih seru dan tidak membosankan.
“Saya sangat senang kalau belajar sambil bermain seperti ini. Jadi, tidak terasa sedang belajar,” ujar seorang siswa kelas 2.
Harapan ke Depan untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi
Kegiatan inovatif yang dilakukan mahasiswa KKN-P Umsida ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam menerapkan teknologi sebagai bagian dari metode pembelajaran.
Di era digital saat ini, integrasi teknologi dalam pendidikan menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya dalam literasi dan numerasi.
Mahasiswa KKN-P Umsida berharap metode ini dapat terus diterapkan di SDN Kemasantani dan sekolah lainnya agar siswa semakin termotivasi untuk belajar.
“Kami berharap game interaktif ini bisa terus dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah lain agar siswa lebih antusias dalam belajar matematika. Dengan cara ini, mereka bisa lebih cepat memahami konsep dasar numerasi tanpa merasa terbebani,” ujar salah satu mahasiswa KKN-P.
Dengan adanya dukungan dari guru dan tenaga pendidik, pembelajaran berbasis teknologi diharapkan dapat menjadi salah satu solusi efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya dalam bidang numerasi sejak usia dini.
Penulis: Nur Fadilah