Mahasiswa Umsida, Bantu Atasi Beban Siswa Dengan Kegiatan Bimbel Di Desa Balong Macekan

Dalam menciptakan generasi yang cerdas, mahasiswa kuliah kerja nyata pencerahan (KKN-P) Kelompok 51, Universitas Muhammdiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan bimbingan belajar dan bermain bagi siswa jenjang pendidikan tingkat Taman Kanak – Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), di desa Balong Macekan, pada Kamis (11/03).

Kegiatan ini dilakukan setiap hari Kamis dan Jumat. Tak lupa mahasiswa KKN-P Umsida Desa Balong Macekan mengajak adik – adik tetap menerapkan protokol kesehatan. Bimbel tersebut dilakukan pada saat ba’da magrib. Untuk memudahkan proses pembelajaran, mahasiswa KKN-P Umsida dalam pelaksanaannya dibagi menjadi kelompok kecil yaitu kelas 1 gabung dengan kelas 2, kelas 3 gabung dengan kelas 4 , dan kelas 5 gabung dengan kelas 6.

Agar peserta bimbel tidak mudah bosan, tim KKN-P desa Balong Macekan mengajak bermain produktif usai pembelajaran. Permainan dapat berupa kereta api sambil bernyanyi, dan dalam permainan tersebut siswa bimbel diberikan pertanyaan seputar pembelajaran oleh mahasiswa KKN-P Umsida.

Tujuan diadakan bimbingan belajar ini dapat membantu siswa belajar secara daring. Hal ini dapat meringankan beban orang tua siswa agar tidak merasa kesulitan. Warga setempat mendukung penuh kegiatan bimbel yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN-P Umsida desa Balong Macekan.

Weny Rahmawati menyampaikan kegiatan bimbel ini dilakukan untuk membantu beban siswa belajar secara daring. “Saya berharap dengan adanya bimbingan belajar ini dapat membantu para siswa yang mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar. Ketika siswa mendapatkan tugas sekolah yang belum dimengerti kami siap membantu untuk menyelesaikan,” ujar salah satu anggota KKN-P Balong Macekan kelompok 51.

Ketua KKN-P Umsida Kelompok 51 desa Balong Macekan, Hida, mengungkapkan rasa syukur adanya kegiatan Bimbel ini. “Terima kasih kepada Kepala Desa Balong Macekan yang telah mengizinkan tim KKN-P Umsida membantu adik – adik dalam kegiatan belajar,” ungkapnya.

Tim KKN-P desa Balong Macekan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan kemajuan bagi siswa belajar secara daring di masa pandemi.

Kegiatan bimbel mendapatkan respon positif dari warga setempat. “Semoga dengan adanya bimbingan belajar yang dilakukan mahasiswa KKN-P Umsida menjadi wadah bagi anak –anak dalam menggali ilmu pengetahuan. Tak hanya itu, juga dapat menumbuhkan semangat belajar siswa,” pungkasnya.

Ditulis : Weny Rahmawati
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply