Tim KKN-P 18 Bagikan Masker Bersama Anggota Koramil Di Desa Wadungasih

Tim KKN-P 18 (Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama anggota Koramil membagikan masker 3 layer dan menempelkan poster tentang tata cara mencuci tangan dengan benar di depan Koramil 0816, Desa Wadungasih, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (4/3).

Kegiatan ini dimulai dari pagi hingga menjelang siang. Tim KKN-P 18 bersama anggota Koramil menghentikan beberapa pengendara sepeda motor yang melintas, baik yang tidak menggunakan masker maupun yang sudah menggunakan masker tidak layak. Kemudian, tim KKN-P 18 membagikan masker kepada mereka. Jenis masker yang dibagikan adalah masker medis 3 layer yang sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Selain itu, tim KKN-P kelompok 18 juga menempelkan poster di tempat umum yang menyediakan tempat cuci tangan. Tim KKN-P 18 membagikan masker dan menempelkan poster di beberapa tempat umum seperti indomaret, puskesmas, sekolah, polsek, balai desa, dan di depan Koramil.

Selain membagikan masker dan menempelkan poster, tim KKN-P 18 juga melakukan sosialisasi 3M kepada masyarakat sekitar. Dari beberapa masyarakat yang berkendara maupun pejalan kaki, rata-rata banyak yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

Ide untuk membuat kegiatan bagi masker dan sosialisasi 3M ini dikonsep oleh tim KKN-P 18 sebagai program kerja yang bertujuan agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19. Agenda ini dilakukan sebagai upaya nyata untuk mengedukasi masyarakat agar selalu waspada dan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

 

Dengan demikian, tim KKN-P 18 dapat memberikan sosialisasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang 3M. Tak hanya itu, tim KKN-P kelompok 18 juga dapat memberikan pengetahuan mengenai masker yang sudah diwajibkan oleh pemerintah, yaitu masker medis dengan 3 layer dan bukan masker jenis scuba.

 

Tim KKN-P 18 sangat antusias saat membagikan masker maupun sosialisasi 3M. Karena sambutan masyarakat juga sangat luar biasa terhadap mereka. Begitu juga dengan anggota Koramil yang sangat menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN-P Umsida. Dengan adanya kegiatan bagi masker dan sosialisasi ini, Tim KKN-P 18 berharap dapat membantu pemerintah untuk dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.

penulis : Nurul Majidah dan Deviya Nur Laili
editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply