Partisipasi Mahasiswa KKN-P Kelompok 13 Mengikuti Operasi Yustisi Bersama Polresta Sidoarjo di Desa Balong Gabus

Mahasiswa KKN-P Kelompok 13 ikut berpartisipasi dalam operasi yustisi, Rabu (17/03). Operasi yustisi itu melibatkan personel gabungan diantaranya TNI, POLRI, Satpol PP, dan para staff Desa Balong Gabus. Mahasiswa KKN mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Operasi Yustisi merupakan sebuah upaya untuk menekan jumlah penyebaran Covid 19 yang masih berlangsung saat ini. Kegiatan ini dilakukan untuk menghimbau para masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun.

“Berdasarkan hasil akumulatif Operasi Yustisi Polresta Sidoarjo dilakukan sejak akhir september tahun 2020 sampai sekarang 17 Maret 2021, Masih terhitung lebih dari 5.000 pelanggar yang tidak mematuhi protokol kesehatan, ” kata Kabid Humas Polresta Sidoarjo.

Operasi yustisi ini difokuskan kepada para pelanggar yang tidak menggunakan masker, berboncengan lebih dari kapasitas kendaraan, dan anak dibawah umur yang mengendarai sepeda motor. Satu persatu pengendara sepeda motor yang melanggar protokol kesehatan diarahkan masuk ke halaman Balai Desa Balong Gabus untuk diintrogasi lebih lanjut.

Para pelanggar yang tidak menggunakan masker diberikan sanksi yang berbeda beda, diantaranya menyanyikan lagu indonesia Raya, menghafal pancasila, dan yang terakhir dikenakan sanksi denda administratif. Sanksi tersebut diberikan kepada pelanggar agar pihak pelanggar merasa jera dan tidak mengulangi kembali.

Saat operasi yustisi berlangsung di Balai Desa Balong Gabus, terkadang masih saja ditemukan seorang pelanggar yang menyepelekan penggunaan masker saat keluar rumah dan tidak merasa bersalah. Mereka menganggap bahwa hanya berpergian dengan jarak dekat dari rumah tidak perlu menggunakan masker, padahal masker sekarang menjadi pelindung diri yang paling penting saat kita berpergian.

Mahasiswa KKN Umsida membantu dengan membagikan masker kepada para pelanggar satu per satu agar para pelanggar mengenakan masker sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah yakni 5 M. Kegiatan tersebut berlangsung kurang lebih setengah jam. Setelah mahasiswa KKN mengikuti Operasi Yustisi, mereka melanjutkan kegiatan dengan membagikan masker di RT setempat.

Penulis : Dita Silviana

Leave a Reply