KKN-P Umsida Kelompok 03 Gandeng Warga Desa Jati Dalam Kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Daring

Kegiatan sosialisasi berbasis parenting mampu mendatangkan antusiasme masyarakat terutama bagi ibu-ibu. Tim KKN-P Umsida kelompok 03 melalui kegiatan Sosialisasi Pembelajaran Daring memberikan tips bagaimana mendampingi anak belajar dirumah selama pendemi covid 19, Kamis (11/03/2021). Kegiatan ini berlokasi di Balai Desa Jati.

Saat ini, sekolah harus merumahkan muridnya untuk belajar di rumah, dimana kegiatan belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara langsung atau tatap muka. Dengan kondisi ini setiap orang tua akan mendampingi anaknya belajar di rumah. Mereka berbondong-bondong melibatkan diri untuk mendapatkan wawasan mengenai pendampingan pada anak saat pembelajaran daring.

Dengan ketulusan hati, masyarakat siap mendapatkan ilmu yang lebih meski hanya bermodal mendengarkan. Adapun tips-tips yang bisa diberikan kepada para orang tua saat mendampingi anaknya dalam belajar dirumah, yaitu tentukan lokasi belajar yang bisa mendukung suasana belajar anak.

Selain itu orang tua harus memahami kebiasaan belajar anak yang pada umumnya bisa mempertahankan konsentrasi selama 10-30 menit. Orang tua pun dituntut memahami gaya belajar anak baik itu visual/auditori/kinestetik. Selanjutnya sadari dan jaga perilaku orang tua saat menemani anak, orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak. Tak lupa juga berikan anak motivasi belajar melalui pemberian penghargaan atas segala pencapaiannya.

Namun, berbagai catatan juga masih mengiringi langkah orang tua dalam mendampingi anaknya. Dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang tua dan anak agar proses belajar daring berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan. Tim KKN-P Umsida mencoba untuk menjembatani para orang tua untuk memberikan ilmu pengetahuan yang lebih kepada anak-anak.

Penulis : Fitria Amilatush Solihah

Leave a Reply