Tim KKN-P Umsida Berikan Pendampingan Bimbel Bagi Siswa SD Desa Punggul

Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) adakan pendampingan bimbingan belajar (bimbel) di Desa Punggul, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo dan dihadiri siswa kelas 1-6 Sekolah Dasar (SD), Selasa (2/3).

Kegiatan ini diadakan dengan berkolaborasi bersama Karang Taruna (Kartar) Dusun Ngudi RW.04 untuk mendampingi anak – anak pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Salah satu Tim KKN-P Umsida, Lia Andriani mengaku melihat kesulitan belajar di kalangan siswa-siswi SD di tengah pandemi, “Kami melihat siswa SD banyak yang kesulitan mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh gurunya bahkan ada siswa SD tugasnya lebih dikerjakan oleh orang tuanya. Ada anak yang tidak didampingi oleh orangtuanya karena orangtuanya bekerja,” tuturnya.

Pembelajaran Daring, dilakukan dirumah masing – masing dan mandiri bagi setiap siswa. Hal ini sendiripun mulai memberikan beberapa dampak bagi beberapa siswa.
Dampak tersebut antara lain, bagi anak – anak yang orang tuanya full time dirumah mendapatkan keuntungan karena dapat didampingi dan di bimbing saat proses belajar daring berlangsung. Sedangkan untuk anak – anak yang kedua orang tuanya bekerja inilah yang mendapatkan kendala. Meskipun beberapa anak pasti memiliki dan telah dianugrahi kecerdasan masing – masing.

Oleh karena itu, Tim KKN – P Umsida Kelompok 21 Desa Punggul melakukan pendampingan dilaksanakan hari Selasa, Rabu, dan Jumat selama Ba’da Magrib- pukul 08.00.

Ketua Karang Taruna (Kartar) Dusun Ngudi Rw.04, Chayyi Muchyiddin S E sangat antusias dengan bantuan Bimbingan Bealajar yang diberikan oleh Tim KKN–P Umsida Kelompok 21, “Saya mengucapkan terimakasih dengan kedatangan Mahasiswa KKN – P Kelompok 21 UMSIDA, yang sangat membantu Karang Taruna Dusun Ngudi dalam menjalankan Bimbingan Belajar dan membantu kesulitan anak – anak dalam beberapa mata pelajaran.” Ungap . Selaku Ketua Karang Taruna Dusun Ngudi Rw.04.

Kegiatan yang dilaksanakan Tim KKN–P Umsida Kelompok 21 ini diharapkan dapat membantu siswa-siswi yang kesulitan dalam mempelajari materi – materi yang diberikan secara online, terutama pada pembelajaran matematika. Sekaligus dapat memberikan manfaat dan kemajuan bagi Desa Punggul terutama pada Bidang Pendidikan.

Penulis : Lia Andriani
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply