Tim KKN-P 23 Bantu Transformasi Marketing Digital Bagi UMKM Karangbong

Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) merupakan kegiatan sosialisasi digital marketing di Desa Karangbong, Selasa (16/3).

Kegiatan ini bertujuan untuk sarana penjualan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dilakukan di tengah pandemi Covid – 19. Salah satu Tim KKN-P Umsida, Vindy Aprilia mengatakan bahwa Profit UMKM sangat menurun drastis bahkan minus, tetapi biaya produksi meningkat dan penjualan menurun, “Selama pandemi ada beberapa biaya produksi yang meningkat, yaitu transportasi, bahan baku, tenaga kerja dan lainnya. Penyebab penjualan menurun dikarenakan kegiatan konsumen yang dibatasi dan diwajibkan tetap berada dirumah menyebabkan kesulitan dalam melakukan transaksi jual beli,” tuturnya.

Melihat kondisi tersebut, Vindy mengatakan bahwa timnya akan membantu UMKM melalui transformasi digital UMKM, “Salah satu kunci dalam mengembangkan UMKM yaitu dengan inovasi dan transformasi digital. Inovasi tersebut dapat berbentuk produk dan membaca peluang bisnis dari yang tidak ada menjadi ada. UMKM juga dinilai dapat mengambil peluang lain sehingga bertransformasi mengikuti situasi dan perkembangan di masyarakat,” tambahnya.

Oleh sebab itu, sosial media marketing merupakan salah satu jenis digital marketing yang dapat membantu UMKM dalam memasarkan dan membesarkan brand. Jenis ini sangat mudah digunakan dalam memasarkan produk agar mudah dikenal masyarakat luas. Diakhir kesempatan ketua kelompok 23, Handiko Putra Utama mengatakan, kegiatan dengan digital marketing ini biayanya murah tetapi sangat membantu meningkatkan perekenomian UMKM.

Penulis : Vindy Aprilia dan Reisa Nadika Markavia
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply