Minggu Berwarna Bersama Mahasiswa KKN-P Umsida Tawangrejo

Hidup Produktif dimasa pandemic Covid-19 adalah sebuah pilihan bagi kita untuk melakukan aktivitas atau tetap diam. Inilah yang menjadi pilihan mahasiswa KKN-P Umsida Tawangrejo ingin mengembalikan minggu yang mungkin selama ini kelabu kembali bewarna dengan mengadakan “Lomba Mewarnai” bagi anak-anak disekitar dusun Pateguhan, Desa Tawangrejo, Minggu (21/03).

Kegiatan ini akan berlangsung di Balai Dusun Pateguhan pada pukul 9 pagi. Ketika jarum jam berada di posisinya, langkah kaki anak yang menggendong tas dan meja belajar disertai senyumnya menghampiri kami, mereka terlihat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Sekitar kurang lebih 30 anak dari jenjang PAUD hingga SD mendatangi Balai Dusun dengan semangat, apalagi di hari sebelumnya kami telah memberitahukan bahwa lomba ini berhadiah.

Anak-anak sudah tertata rapi dengan meja dan pensil warna didepannya, kertas bergambar juga sudah dibagikan. Pada pukul 09.30 inilah tekad dan semangat mereka kerahkan, warna mulai menyentuh kertas yang semula bersih. Saat mereka mulai mewarnai, saat inilah kami melihat kesiapan mereka dari yang menyiapkan kuas cat dan tisu untuk menghindari kertas mereka ternoda dari warna yang tidak mereka inginkan.

Goresan demi goresan terus dilakukan seiring sambil menunggu waktu berakhir. Tim Mahasiswa KKN-P Umsida Tawangrejo memberikan waktu 60 menit kepada anak-anak untuk menyelesaikan gambarnya. Seiring berjalannya waktu, jam sudah menunjukkan pukul 10.30 saatnya gambar dikumpulkan dan menunggu hasil penilaian.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN-P Umsida Tawangrejo dibagi menjadi 2 tim, yakni tim games dan tim penilaian. Tim games bertugas mengajak anak-anak bermain sambil menunggu hasil dikeluarkan. Tebak gerakan adalah game yang tim pilih, dari game ini panitia dapat berinteraksi, bermain, tertawa bersama dan menyatu bersama peserta.

Sangat jelas terlihat tawa mereka saat memperagakan dan menebak gerakan. Tim penilaian bertugas menetapkan juara dari semua usaha yang sudah mereka berikan. Penilaian ini dilakukan di ruang di salah satu TK di Dusun Pateguhan, satu persatu kertas ditata dengan warna yang bervariasi.

Kriteria yang dinilai tim penilaian adalah tebal tipisnya goresan dan kreatifitas dalam mewarnai. Tim mahasiswa KKN-P Umsida Tawangrejo telah menyiapkan 9 hadiah sederhana, mulai dari juara 1 hingga juara harapan 3 dan sisanya untuk hadiah game “Wawasan Nusantara” sebagai apresiasi telah hadir dan mengikuti lomba.

Raut wajah mengingikan hadiah tak bisa mereka sembunyikan. Satu persatu nama juara disebutkan beserta hadiah yang diserahkan. Raut wajah kekecewaan muncul dari mereka yang namanya tak disebut. Namun, Mahasiswa KKN-P Umsida Tawangrejo telah menyiapkan solusi, yakni snack yang dibagikan untuk sedikit mengobati rasa kekecewaan.

Lomba bukanlah tentang menang atau kalah, namun pengalaman apa yang kalian dapatkan. Mahasiswa KKN Tawangrejo mendapatkan banyak pengalaman dari kegiatan ini, mulai dari cara memanajemen suatu acara, kebersamaan yang terjadi dan mengenal mereka lebih dekat. Hari minggu ini berakhir dengan senyum anak-anak Dusun Pateguhan mengenggam kertas berwarna yang juga mewarnai hari ini.

Penulis : Aisyah Cucu Utami
Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply