Omset Melejit Melalui Bisnis Online Shop di Waktu Pandemi, Mahasiswa KKN-P Mandiri Bantu Branding Produk UMKM

Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) klaster mandiri melakukan pendampingan digital marketing dengan mengajarkan sosial media pada para UMKM di Desa Sumberjo, Gondang, Nganjuk, Rabu (17/3). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu membangkitkan pendapatan pemilik UMKM khususnya penjual aneka pakaian dan Hijab dengan menerapkan sistem online shop.

Menurut Siska Tri Rahyu mengatakan bahwa online shop sangat praktis ketika pandemi seperti saat ini, karena dengan belanja melalui online shop akan mengurangi aktivitas seseorang untuk keluar rumah, “Disisi lain belanja melalui online mengalami peningkatan yang signifikan karena semua adanya keterbatasan dalam menjalankan aktivitas diluar rumah, sehingga masyarakat membentuk kebiasaan baru dengan berbelanja melalui online,” jelasnya.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN-P Mandiri siap untuk beraksi membantu penanganan warga yang memiliki UMKM yang terdampak pandemi di Desa Sumberjo, Gondang, Nganjuk.
Mahasiswa KKN-P Mandiri ini memanfaatkan ilmunya selama ia kuliah di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada masyarakat sekitar dengan cara mensosialisasikan kepada pemilik UMKM mengenai cara membranding dan memasarkan produk, “Saya membuat ide untuk mendaftarkan produk-produk pakaian maupun jilbab tersebut ke aplikasi e-marketplace dan shoope yang nantinya untuk diterapkan oleh mbak Kotim selaku usaha UMKM yang terdampak di desa Sumberjo,Gondang, Nganjuk. Sehingga dapat meningkatkan minat konsumen dan memudahkan para konsumen membeli produk pakaian maupun jilbab,” ungkapnya.

Selain itu, Mahasiswa KKN-P Mandiri merealisasikan program kerja dengan membuatkan desain stiker, serta memberikan kantong kresek yang di sablon logo olshopnya.

Salah satu pemilik UMKM , Kotim mengatakan sangat senang dengan kegiatan positif dilakukan oleh mahasiswa KKN-P klaster mandiri, “Alhamdulillah saya sangat senang dan bersyukur, karena sudah di bantu oleh peserta KKN-P mandiri sehingga penjualan saya mengalami kenaikan lagi dibanding dengan sebelumnya, dimana mulai dari pengarahan hingga di bantu untuk memasarkan jualan saya melalui aplikasi e-marketplace dan shoope. Selain itu, saya juga di bantu packaging-packaging paket customer yang telah order melalui aplikasi juga. Terimaksih banyak untuk peserta KKN-P mandiri,” pungkasnya.

Penulis : Siska Tri Rahayu
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply