Mahasiswa KKN Mandiri Umsida Bantu Pelaku UMKM di Kala Pandemi

Pada masa pandemi Covid-19 semua hal yang dulunya dikerjakan secara luring kini berganti menjadi sistem daring. Tak terkecuali kegiatan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Tentu bukan hal yang mudah melakukan kegiatan KKN secara daring , namun hal tersebut tak mematahkan semangat para mahasiswa demi mengabdi kepada masyarakat khususnya di Desa Cemengkalang, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (25/3).

Mahasiswa Kuliah KKN-P Umsida klaster Mandiri, Buyung Satrio Nugroho merealisasikan program kerja Edukasi Penggunaan Aplikasi Gofood dalam meningkatkan Penjualan pada masyaratkan Awam. Menurutnya, program kerja yang mungkin terlihat sepele ini ternyata memiliki dampak yang signifikan terhadap penjualan makanan. Seperti yang terjadi pada salah satu UMKM warung makan di Desa Cemengkalang yang merasakan dampaknya secara langsung, “Program kerja yang berlangsung kurang lebih selama 2 minggu bertempat di Warung Bu Nur Arisa dengan alamat lengkap desa Cemengkalang Sidoarjo,” ucapnya.

Salah satu UMKM warung makanan, Nur Arisa merasa bersyukur kegiatan Program kerja yang diterapkan ini berdampak positif, “Alhamdulilah mas. Meskipun tidak banyak namun membantu meningkatkan penjualan saya dibandingkan masa awal pandemi saat berjualan terasa susah,“ ujarnya.

Dengan nada optimis, Nur Arisa percaya, “Ya semakin kedepannya kemungkinan penjualan via gofood akan semakin banyak mas,” lanjutnya.

Buyung selaku mahasiswa yang melakukan kegiatan Program kerja merasa senang karena dapat berkontribusi dalam kegiatan bermasyarakat, “Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih Kepada Bu Nur Arisa selaku pemilik warung yang mengijinkan saya untuk melaksanakan kegiatan KKN di tempatnya,” pungkasnya.

Diharapkan setelah adanya kegiatan KKN ini bisa memotivasi para UMKM agar memanfaatkan digital marketing dalam meningkatkan minat konsumen secara luas.

Penulis : Buyung Satrio Nugroho
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply