Bantu Pulihkan Perekonomian Masyarakat Pelaku UMKM Penjahit Busana Yang Sempat Berhenti Produksi Akibat Pandemi Covid-19

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Mandiri Kelompok 4 Univeristas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan pendampingan guna memulihkan perekonomian bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Penjahit Busana di desa Pagak Kecamatan Beji, pada Senin (01/03). Para pelaku UMKM meresahkan penurunan omset yang sangat drastis akibat pandemi, apalagi sejak pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Indah, yang memiliki usaha menjahit mulai tahun 1986 hingga saat ini mengalami penurunan omset perbulannya. Sehingga terpaksa berhenti produksi untuk sementara waktu. Mahasiswa KKN-P Mandiri 4 mencoba memberikan inovasi dan edukasi dengan menerapkan strategi marketing digital yang sebelumnya belum di ketahui. Strategi tersebut bertujuan untuk meningkatkan segi kualitas dan pemasaran agar lebih menarik pelanggan lebih banyak.

Pemasaran dilakukan diberbagai media sosial dan juga marketplace yang dapat membantu usaha menjahit busana ini. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu menambah wawasan pelaku UMKM untuk lebih siap menghadapi persaingan global terutama persaingan pasar pada era industri 4.0 ini.

Indah mengungkapkan rasa syukur dengan bantuan mahasiswa KKN-P Umsida. “Saya mengucapkan terima kasih atas wawasan dan inovasi yang di terapkan pada usaha saya hingga usaha saya pelan-pelan mulai kembali stabil,” ujarnya.

Saya berharap agar para pelaku UMKM terutama usaa Penjahit Busana dapat meningkatkan inovasi baru. Dan terus mengembangkan kreativitas dengan membuat desain baru. Mahasiswa KKN-P Mandiri Kelompok 4 berharap semoga apa yang telah diberikan kepada dapat menjadi ilmu yang bermanfaat.

Penulis : Putri Maydia Anggraeni
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply