Kegiatan Belajar Bersama Mahasiswa KKN-P di Desa Balong Gabus

Mahasiswa KKN-P kelompok 13 membantu para siswa Desa Balonggabus untuk belajar bersama, Kamis (18/03/2021). Mereka membantu mengajarkan materi sekolah dan menyelesaikan tugas bersama-sama. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pandemi membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak bisa dilaksanakan. Tetapi hal ini tidak menyurutkan keiginan para siswa Desa Balonggabus untuk belajar. Selama ini mereka hanya melakukan pembelajaran secara daring, terkadang hal ini membuat mereka bosan dan tidak nyaman.

Mayoritas anak – anak yang ikut belajar disana adalah mereka yang masih berada di Sekolah Dasar setempat. Kegiatan tersebut diisi dengan mengajar anak – anak sesuai dengan tingkat kelasnya, membantu mengerjakan PR, bermain bersama, dan tersedia juga beberapa lomba untuk mengasah kreatifitas mereka.

Kegiatan ini di adakan pada sore hari, meskipun begitu tidak menyurutkan semangat mereka untuk mau belajar dan bermain dengan teman – teman mereka. Sekitar 34 anak yang ada di Desa Balong Gabus sangat antusias untuk belajar bersama. Hal itu terbukti ketika hari pertama mereka belajar bersama, mereka langsung menanyakan kapan kegiatan ini akan dilaksanakan lagi, tidak hanya itu saja mereka juga berniat untuk mengajak lebih banyak lagi temannya.

Mahasiswa KKN kelompok 13 dibawah bimbingan Umi Khoirun Nisak, S.KM., M.Epid, dengan anggota tim yang berasal dari berbagai jurusan sangat senang dapat menjalankan program kerja tersebut. Mereka adalah Robby Pratama (informatika), Almyra Gitta Imanda (informatika), Intan Supriyantini(manajemen), Eni Dhiah Novitasari (manajemen), Dita Silviana (manajemen), Fristia Harum Betari (Akuntansi), Lailatul Khusnah (Akuntansi), Affan Afianto Dilon(Psikologi), Kevin Maicello Dwita (psikologi), Muhammad Haryo Ilham Akbar (hukum),Kusuma Dewi Putri Ayu Maharani (PGSD).

Anak – anak ini pada saat pandemic seperti ini sangat membutuhkan suasana belajar yang nyaman dan mengasikan. Tidak hanya belajar pelajaran saja, mahasiswa KKN kelompok 13 juga mengajak mereka bermain dan berlomba untuk mengasah kemampuan dan kreatifitas mereka, karena didalam permainan dan perlombaan ini juga terdapat nilai edukasi di dalamnya.

Penulis : Almyra Gitta Imanda
Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply