KKN-T Umsida Kelompok Satu Adakan Program Pembagian Masker dan Penyemprotan Disinfektan Bagi Warga Desa Gamping

drpm.umsida.ac.id –

Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19, Tim Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) kelompok satu mengadakan aksi berbagi masker kepada warga di desa Gamping, Krian. Masker merupakan salah satu benda yang harus dimiliki untuk semua orang di masa pandemi ini karena masker berfungsi mencegah penyebaran virus Covid-19 terutama ketika berinteraksi dengan orang lain atau melakukan kegiatan di luar rumah.

Kegiatan yang dilaksanakan sebanyak 2 kali yakni pada tanggal 12 September 2021 dan dilanjutkan lagi tanggal 18 September 2021 melalui pembagian masker serta sosialisasi pentingnya melaksanakan protokol kesehatan secara ketat melalui 5M diharapkan dapat mengedukasi masyarakat, “Sosialisasi ini kami lakukan untuk mengedukasi masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi sosialisasi dan interaksi, serta mengingatkan untuk selalu menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga, menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi,” ujar Mastri Ashari salah satu anggota dari Tim KKN-T Umsida, Senin (18/9).

Selain itu, Tim KKN-T Umsida kelompok satu juga melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat ibadah serta sekolah yang di lingkungan desa Gamping dengan dibantu oleh anggota Karang Taruna (Kartar) desa Gamping. Warga desa Gamping menyambut dengan baik kegiatan pembagian masker dan penyemprotan disinfektan ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu warga desa Gamping yang bertempat tinggal di dekat balai desa tempat mahasiswa KKN melakukan kegiatan KKN, Mulyono menyampaikan bahwa kegiatan tim KKN-T Umsida dapat memberikan dampak positif bagi desa Gamping, “Saya merasa sangat senang dengan kehadiran tim KKN-T dari Umsida ini, karena biasanya diluar jam kerja di kantor desa, balai desa selalu terlihat sepi, namun setelah ada adik-adik KKN dari KKN-T Umsida suasana di balai desa terlihat hidup dan ramai. Kegiatan-kegiatan yang di lakukan juga membuat warga senang karena adik-adik dari Tim KKN-T memiliki jiwa kepeduliaan yang tinggi melalui pengabdian mereka dengan memperhatikan kesehatan masyarakat dan kebersihan lingkungan desa gamping,” ucapnya.

Penulis : Mastri Ashari
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply