Mahasiswa KKN-T desa Gemurung Umsida, Bantu Sukseskan Acara Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional

drpm.umsida.ac.id –

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) 9 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), turut membantu menyukseskan kegiatan pelatihan pembuatan jamu tradisional, di Balai Desa Gemurung, Minggu (12/09). Masa pandemic masih belum berakhir, oleh karena itu masyarakat dituntut untuk menjaga imunitas tubuh dan minum vitamin. Vitamin bisa didapatkan salah satunya dengan minuman tradisional yang terdiri dari campuran bahan-bahan alami, atau bisa disebut dengan jamu salah satunya yaitu jamu beras kencur.

Berbicara mengenai minuman herbal tradisional, organisasi ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan jamu beras kencur, dengan berkolaborasi dengan tim KKN-T 9 Umsida dalam rangka turut menyukseskan acara tersebut. “Alhamdulillah dengan adanya Mahasiswa KKN-T UMSIDA acara hari ini berjalan dengan lancar,” ungkap Nurul salah satu anggota PKK desa Gemurung.

Saat pelatihan berlangsung, Ratih selaku peserta dalam pelatihan Jamu tradisional menyampaikan senang dengan kegiatan pelatihan Jamu.“Dengan adanya pelatihan pembuatan jamu beras kencur ini sangat membantu kami di masa pandemi ini dengan banyaknya manfaat dari jamu beras kencur,” ujarnya. Menurut Nurul, Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari jamu beras kencur untuk tubuh kita seperti punya sifat imunomodulasi, antioksidan, atau pun anti peradangan. Jamu maupun olahan herbal dapat dikonsumsi oleh masyarakat sebagai tindakan preventif meningkatkan imun tubuh mencegah Covid-19, sebagai pendamping dari obat- obatan yang diberikan oleh dokter.

Disisi lain, salah satu Mahasiswa KKN-T Umsida Desa Gemurung, Muhammad Hafsah berharap dengan adanya pelatihan pembuatan jamu ini selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat juga dapat menjaga keharmonisan antara ibu-ibu di Desa Gemurung. “Terlepas dari Pelatihan Pembuatan Jamu, perlu diingat juga bahwa upaya pencegahan Covid-19 tentunya tetap harus disertai protokol kesehatan yang diterapkan dengan memperhatikan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir, serta menjaga jarak,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, Mahasiswa KKN-T 9 Umsida juga membagikan masker kepada ibu-ibu guna mencegah penyebaran Covid-19. Tindakan pencegahan yang dalam hal ini agar dapat tercipta lingkungan yang sehat. Sehingga masyarakat pun tetap mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker dimanapun mereka berada.

Penulis : Vivy Novitasari dan Rahmah Fadhilah
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply