Bersama Warga, KKN-T Umsida Ciptakan Lingkungan Bersih di Desa Gamping

drpm.umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) melakukan kegiatan kerja bakti di Desa Gamping, Krian, Minggu (26/9). Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan desa yang bersih dan sehat.

Dengan adanya lingkungan yang sehat, maka masyarakat tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Bahkan masyarakat bisa terhindar dari banjir, dikarenakan pada musim hujan sampah yang menumpuk di saluran air ini dapat menyebabkan aliran air tersumbat, dan saluran air menjadi dangkal sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan banjir.

Kerja Bakti ini tidak hanya dilakukan untuk menjaga kebersihan desa, namun juga sebagai media untuk lebih dekat dengan masyarakat Desa Gamping dan untuk menjaga kerukunan antar warga, “Kami juga banyak melakukan interaksi secara langsung kepada warga dengan saling mengobrol, bertukar pikiran, hingga bercanda bersama mendengar lelucon dari warga,” ujar Ina Fitria, salah satu anggota Tim KKN-T Umsida Kelompok satu.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kegiatan ini dimulai sejak pukul 06:30. Masyarakat berkumpul dulu
di pos keamanan desa, “Setelah masyarakat berkumpul. Kemudian kegiatan kerja bakti ini diawali dengan membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sepanjang jalan sekitar balai desa dan jalan utama desa, dilanjut dengan membersihkan sampah-sampah yang masuk kedalam saluran air,” imbuhnya.

Warga desa Gamping sangat antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat dari seluruh masyarakat baik tua maupun muda laki –laki maupun perempuan mereka bergotong royong ikut andil dalam kegiatan kerja bakti tersebut. Apalagi warga Desa Gamping sejak adanya pandemi tidak pernah melakukan kegiatan kerja bakti di desa Gamping secara bersama-sama.

“Kegiatan perdana yang kami lakukan dengan adik-adik KKN tentu saya merasa senang, karena kegiatan ini juga bisa menjadi alasan warga dapat berkumpul lagi setelah sekian lama dan menjaga kerukunan. Dengan adanya kegiatan kerja bakti ini warga Desa Gamping bisa bergerak lagi untuk menjaga kebersihan bersama-sama. Semoga kegiatan kerja bakti ini bisa dilakukan rutin oleh warga sini,” ucap Mardi, Ketua Rukun Tetangga (RT) 03.

Penulis : Ina Fitria
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply