Menyambut Kedatangan Tim KKN-T 18, Kepala Desa Adakan Acara Pembukaan KKN

drpm.umsida.ac.id – Sebagai tanda resmi dimulainya Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) 2021 di Desa Kalidawir, bapak Kepala Desa Kalidawir mengadakan acara sambutan atau pembukaan program pengabdian masyarakat ini di Aula Balai Desa Kalidawir, Senin (6/9).

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Bapak Maksun SP selaku Kepala Desa Kalidawir beserta perangkat desa, Ibu Choirun Nisak Aulina SPdI MPd selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan perwakilan masyarakat setempat. Tidak lupa acara ini berlangsung dengan tetap mentaati protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan).

Acara pembukaan KKN-T 2021 yang bertema “Membangun Masyarakat Mandiri Melalui Pengabdian Berbasis Sosiokultural dan Teknologi” ini menjadi suntikan semangat mahasiswa untuk membangun masyarakat Desa Kalidawir lebih maju lagi. Tentunya dengan kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak.

Acara pembukaan KKN dimulai dengan sambutan dari Ketua KKN-T kelompok 18 Desa Kalidawir, Muhammad Bintang Ardiyan yang menyampaikan harapan dari program pengabdian masyarakat ini kedepannya. “Semoga Tim KKN-T kelompok 18 dapat diterima dengan baik dan bersinergi dengan pemerintah desa serta masyarakat Desa Kalidawir dalam membangun dan memajukan masyarakat melalui program-program kerja yang telah dirancang oleh anggota kelompok,” tuturnya.

Selanjutnya, pada kesempatan ini Ibu Choirun Nisak Aulina S Pd I M Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan menginginkan dengan adanya mahasiswa KKN ini dapat menjadi pembelajaran serta pengalaman bagi mahasiswa di lingkungan masyarakat. Selain itu, nantinya diharapkan dari program-program kerja yang sudah dirancang oleh mahasiswa dapat berdampak baik dan berkelanjutan bagi Desa Kalidawir.

Kemudian, Kepala Desa Kalidawir memberikan sambutan sebagai bentuk menerima kedatangan tim KKN-T kelompok 18. Dalam sambutannya, Bapak Maksun SP selaku Kepala Desa menyampaikan tentang gambaran desa Kalidawir dengan berbagai macam potensi dan permasalahan yang ada.

Tidak lupa juga ia sampaikan bahwa KKN kali ini merupakan hal baru bagi Desa Kalidawir setelah beberapa tahun tidak ada mahasiswa KKN di Desa Kalidawir. Kepala Desa Kalidawir berkeinginan kehadiran mahasiswa sebagai agent of change dapat membantu menyelesaikan masalah yang ada di desa. Salah satunya adalah terkait UMKM Desa Kalidawir sebab karena UMKM merupakan salah satu mayoritas mata pencaharian masyarakat Desa Kalidawir.

Dan terakhir, secara simbolis sebagai tanda pembukaan KKN-T Desa Kalidawir dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Kepala Desa Kalidawir, Bapak Maksun SP yang diserahakan kepada Ketua KKN-T 2021 DesaKalidawir sebagai perwakilan kelompok.

Acara pembukaan KKN ini pun diakhiri dengan doa bersama dipimpin oleh salah satu pemuka agama Desa Kalidawir dan dokumentasi. Tak lupa juga mendoakan agar pelaksanaan KKN dari tanggal 1 September sampai 31Oktober 2021 berjalan dengan lancar, sukses dan diberikan perlindungan oleh Allah SWT.

Ditulis : Aprilliana Dwi Arista & Dita Novitasari
Edit : Angelia Firdaus

Leave a Reply