Tingkatkan Pemahaman Covid-19, Tim KKN-T Umsida Lakukan Sosialisasi Ke Siswa SD

drpm.umsida.ac.id – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) Kelompok 5 melakukan kunjungan sekaligus melakukan sosialisasi Protokol Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pilang 01 Wonoayu, Sidoarjo, Jumat (22/9).

Kegiatan berlangsung selama dua hari pada tanggal 21-22 September 2021 untuk siswa kelas 4 SDN Pilang 01 Wonoayu. Dalam kelas tersebut dibagi lagi menjadi dua gelombang .

Pada hari pertama melakukan sosialisasi di kelas 4A dengan jumlah siswa yaitu 11 siswa yang hadir. Dilanjutkan hari Kedua di siswa kelas 4B berjumlah 9 siswa, “Mengingat harus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. Maka, kami membagi waktu untuk bersosialisasi menjadi 2 hari. Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat mengetahui pengertian dari Covid-19, gejala infeksi Covid-19, dan cara pencegahaan Covid-19,” ujar salah satu mahasiswa KKN-T, Muwaffiq Lailatul Aini.

Menurut Muwaffiq kegiatan sosialisasi ini memiliki pesan positif untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui membagikan pengetahuan mengenai Covid-19 di kelas 4A yang ditampilkan dalam bentuk power point. Kemudian, mengajak siswa-siswi untuk praktek cuci tangan dengan benar selama 20 detik dengan air mengalir. Setelah itu sesi tanya jawab disertai pemberian reward untuk siswa yang aktif selama kegiatan berlangsung. Di akhir kegiatan mahasiswa KKN-T memberikan masker kepada siswa.

Antusias siswa mengikuti ini kegiatan ini dibuktikan dengan keaktifan siswa untuk mengikuti kegiatan cuci tangan. Sekaligus mendapatkan respon positif dari siswa kelas 4. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu siswa dari kelas 4B, Clarissa mengatakan kegiatan tersebut menyenangkan, “Kegiatan sosialisasi covid-19 yang diberikan oleh kakak-kakak Mahasiswa KKN-T ini sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Aku mendapat pengetahuan baru tentang covid. Belajar disekolah lebih menyenangkan daripada belajar dari rumah, karena kalau belajar dari rumah tugas yang diberikan sangat banyak” ungkapnya.

Siswa lain juga menambahkan, “Senang bisa bertemu sama kakak-kakak, belajarnya gak lama, dan mendapatkan hadiah. Besok kesini lagi yaa kak,” pungkas Dirga, salah satu dari siswa dari kelas 4B.

Ditulis : Muwaffiq Lailatul Aini dan Adza Razan Nur Shabrina
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply