Tim KKN-T Desa Dukuh Tengah, Lakukan Kerja Sosial Perawatan Tempat Ibadah dan Waqaf Al-Qur’an

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) 11 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan program kerja kegiatan kerja bakti membersihkan beberapa tempat ibadah yakni dua masjid besar dan mushola, di desa Dukuh Tengah, Sabtu (02/10). Terhitung sejak satu minggu setelah diadakan pembukaan KKN oleh mahasiswa Umsida di desa Dukuhtengah, Tim KKN-T 11 mulai membantu membersihkan beberapa tempat ibadah yang ada di desa Dukuhtengah diantaranya ada dua masjid besar dan satu mushollah yang berada di tengah-tengah pemukiman warga.

Ada 3 tempat ibadah yang sudah ramai ramai dibersihkan. Puncaknya yang terakhir pada hari Sabtu, 02 Oktober 2021 di Mushollah Ar-Rohman Desa Dukuhtengah. Muhammad Aunur Rofiq bersama dengan tim memulai membersihkan dan merapikan satu persatu yang ada di mushollah tersebut. Selain itu, tim KKN-T 11 Umsida Dukuh Tengah juga mewaqafkan beberapa Al-Qur’an yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar masjid dan mushollah.

Kegiatan ini memilik tujuan yang positif agar warga masyarakat yang menggunakan tempat ibadah tersebut dapat merasakan kenyamanan pada saat melakukan ibadah. Antusiasme dari warga sekitar masjid dan mushollah, membuat kami tim KKN-T Umsida Desa Dukuh Tengah menjadi semangat bergerak demi terwujudnya tempat ibadah yang bersih dan nyaman. Tidak jarang warga sekitar menyapa dan bertanya mengenai kegiatan yang sedang kami lakukan. Respon yang kami dapat cukup positif karena warga menyambut kehadiran kami tim KKN dengan hangat dan tangan terbuka.

Rahmat selaku Takmir mushollah Ar- Rahman menyambut dan menerima pemberian dari tim KKN-T 11 Umsida dengan perasaan bangga. “Saya senang karena pada saat ini masih ada generasi muda yang peduli akan lingkungan sekitar terutama pada tempat ibadah. Terimakasih karena telah ikut membantu merawat mushollah yang ada disekitar lingkungan,” ucapnya sembari tersenyum.

Tim KKN-T desa Dukuh Tengah berharap setelah diadakannya program ini, warga setempat dapat menjaga kebersihan lingkungan masjid supaya tetap bersih dan semakin banyak jamaah yang sholat di masjid / musholla tersebut. “Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami semua dikarenakan merupakan terdapat 1 hadist yang menyebutkan ” annadhofatu minal iman” kebersihan merupakan sebagian dari pada iman,” pungkas Irsyad salah anggota KKN-T 11 Umsida Desa Dukuh Tengah.

Penulis : Rahamhdina Shafadila
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply