TIM KKN-T KELOMPOK 24 GELAR AKSI PENGHIJAUAN DI BALAI DESA SUMPUT

Tim KKN-T (Kuliah Kerja Nyata- Terpadu) kelompok 24 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan acara penghijauan di Balai Desa Sumput, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (3/9). Kegiatan ini diadakan mulai pukul 08.00 sampai 12.00 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Program penghijauan merupakan salah satu bentuk peran manusia dalam menjaga lingkungan. Penghijauan ini dilakukan dengan melakukan penanaman pepohonan. Pohon-pohon yang ditanam akan mengatasi polusi yang banyak dihasilkan di jalan raya dan memberikan suplai oksigen bagi manusia.

Selain itu, tim KKN-T kelompok 24 juga melakukan penanaman tanaman toga yang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Sebelumnya, tim KKN-T kelompok 25 terlebih dahulu melakukan riset untuk jenis tanaman apa saja yang akan ditanam, mulai dari daun mint, bunga lavender, binahong, samber nyowo, daun sarap dan lain-lain.

Program penghijauan ini di lakukan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan serta menambah jenis tanaman yang ada di desa sumput dan hasil dari penanaman ini bisa di nikmati oleh warga desa di kemudian hari.

 

Sudah sejak jauh hari kegiatan penghijauan lingkungan ini dipersiapkan oleh tim KKN-T kelompok 24 secara dengan mengelola kembali tanaman yang kurang terjaga sebelumnya serta menyediakan pupuk organik. Di sisi lain, kegiatan ini juga menanam, membersihkan dan mengelompokkan tanaman sesuai tempat sehingga terlihat rapi.

Llima manfaat penghijauan di lingkungan balai desa antara lain mengurangi pencemaran udara disekitar lingkungan balai desa, menambah meresapnya air hujan untuk air tanah dan mencegah banjir, membuat lingkungan balai desa menjadi hijau dan banyak oksigen.

“Kami berharap masyarakat Desa Sumput dapat menjaga tanaman yang dibudidayakan kedepannya,” tutur Wahyu Fathur Rachman selaku anggota tim KKN-T kelompok 24. “Selain itu, dengan adanya kegiatan ini hasil dari penanaman bisa dinikmati oleh warga desa dikemudian hari,” imbuhnya.

Penulis : Wahyu Fathur Rachman dan Dandi Alamsah
Edit : Angelia Firdaus

Leave a Reply