Mahasiswa KKN-T Kelompok 29 Adakan Kegiatan Cerdas Cermat Lewat Program Weekend No Gadget

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) kelompok 29, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) adakan kegiatan cerdas cermat lewat program Weekend No Gadget untuk anak-anak Desa Kalisampurno, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (26/09).

Kecanduan gawai yang menggejala di kalangan anak-anak menjadi perhatian khusus bagi tim KKN-T kelompok 29. Berdasarkan hal tersebut, tim KKN-T kelompok 29 mempunyai cara unik untuk membuat kegiatan berupa Weekend No Gadget yang dikhususkan untuk anak-anak usia 7 hingga 12 tahun.

Kegiatan ini dibuat untuk meminimalisir kegiatan anak-anak yang disibukkan oleh gadgetnya. Dimana kurangnya perhatian orang tua terhadap anak juga menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kecenderungan anak terhadap gadget. Bentuk kegiatan yang disiapkan adalah cerdas cermat. Kegiatan cerdas cermat ini adalah suatu wahana untuk menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan mereka.

Lomba ini berlangsung cukup meriah dan anak-anak begitu antusias, meskipun pelaksanaannya sangat sederhana. Kegiatan ini sukses dihadiri oleh 40 peserta yang merupakan anak-anak dari Desa Kalisampurno.

Dalam lomba cerdas cermat ini dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Perlombaan bukan berarti suatu kegiatan yang cepat tanpa makna. Dengan demikian, mahasiswa KKN-T kelompok 29 berharap agar kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman wawasan bagi pelajar sekolah dasar. Selain itu, anak-anak juga bisa membiasakan diri mengisi kegiatan dengan hal positif dan melepaskan gadgetnya sejenak.

 

Penulis : Khoirul Izzatul Ilmi
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply