Beragam Manfaat Toga, Tim KKN-T Umsida Ajak Masyarakat Manfaatkan Toga

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Kelompok 5 melakukan kegiatan KKN di Desa Pilang dengan mengusung beberapa program kerja (proker) untuk meningkatkan kesehatan warga. Salah satunya yaitu mengenalkan tanaman toga. Pengenalan tanaman toga ini dikemas dalam bentuk sosialisasi dengan menggandeng masyarakat Dusun Rame, Desa Pilang.

Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama 1 jam, namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan dihadiri 10 orang dari 15 orang yang di undang pukul 16.00 WIB, Minggu (10/10).

Ketua Proker Sosialisasi Rempah, Elim menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan tanaman toga merupakan tanaman yang akrab dengan kehidupan sehari – hari masyarakat, “Latar belakang kami melakukan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa tanaman terutama tanaman toga yang ada disekitar dapat dimanfaatkan untuk kesehatan”, ujarnya.

Elim menambahkan sangatlah penting menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi, “Bukan hanya itu, di tengah pandemi yang seperti ini, penting bagi kita semua untuk menjaga daya tahan tubuh. Salah satu manfaat dari tanaman toga yakni jahe merah dapat meningkatkan daya tahan tubuh,” tambahnya.

Warga yang datang sangat antusias dengan kegiatan sosialisasi yang dilakukan. Dengan dibuktikan adanya respon positif dari warga dan keaktifan dalam sesi tanya jawab, “Bagaimana cara pengaplikasian tanaman tersebut untuk kesehatan?,” tanya salah seorang peserta sosialisasi.

Andhini Rizki Yuliati selaku Sie Humas mengatakan bahwa timnya akan mengolah tanaman toga untuk menjadi sebuah produk minuman bisa menyehatkan tubuh, “Kami akan membuat jamu berbahan dasar utama dari tanaman toga seperti jahe merah, kencur dan kunyit,” pungkasnya.

Ditulis : Alfinda Ayu Hadikasari dan Mualimil Husna
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply