Peduli Pendidikan Anak, Tim Mahasiswa KKN-T 15 adakan bimbingan belajar untuk ABK di Panti Asuhan Al Mubarok

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) 15 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan program Bimbingan Belajar (Bimbel) untuk anak-anak panti Asuhan Al Mubarok di Desa Kebonsari. Pendidikan ini, bukan hanya untuk anak SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA (Sekolah Menengah Atas) Saja.

Namun, juga penting bimbingan belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). “Selain pendampingan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), Salah satu Program Kerja unggulan Tim KKN-T 15 kami yaitu peduli terhadap pendidikan anak. Terutama anak berkebutuhan khusus di panti Asuhan Al Mubarok ini, selain mendapat Bimbingan Belajar Anak-anak panti juga mendapatkan metode belajar yang unik dan menarik,” ungkap Mukhson selaku ketua KKN-T 15 Umsida Desa Kebonsari, Jumat (8/10).

Tim KKN-T 15 Umsida mengadakan bimbingan belajar selama 3 hari pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. Kegiatan bimbingan ini diawali dengan Silaturahmi ke Panti Asuhan Al Mubarok, Desa kebonsari. Pada Senin 4 Oktober 2021. Selanjutnya Tim KKN-T 15 membagi dalam 4 kelompok belajar, setiap kelompok di dampingi oleh 3 Mahasiswa KKN-T Umsida. Dan juga ada satu kelas khusus untuk anak berkebutuhan khusus yang terdapat di panti asuhan tersebut. Bukan hanya mengajarkan ilmu perhitungan sekolah dan juga ilmu sosial, anak-anak panti juga diajarkan bagaimana cara membangkitkan semangat belajar di masa pandemi Covid-19 saat ini. Strategi yang diterapkan yaitu dengan metode belajar yang unik dan menarik sambil bermain.

Saidi selaku Pengasuh Panti Asuhan Al Mubarok desa Kebonsari mengucapkan terima kasih dan juga sangat mengapresiasi kegiatan Bimbingan belajar ini. “Kami sangat senang dengan adanya program bimbingan belajar oleh Tim KKN-T 15 dari Umsida, kedepannya semoga banyak anak-anak muda cerdas yang peduli dengan pendidikan anak Indonesia, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini,” pungkasnya.

Penulis : Muh. Anis Mukhson
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply