Tim KKN-T 12 Umsida Tingkatkan Kemampuan Motorik Siswa, Melalui Belajar Mengajar di Manbaul Ulum

Dalam mengembangkan potensi motorik siswa, Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) 12 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan sosialisasi kegiatan mengajar di Madasrah Ibtidaiyah (MI) Manbaul Ulum, Desa Kendapecabean, Sabtu (9/10). Tim KKN-T 12 juga mengajarkan cara berperilaku dan berakhlak mulia saat di sekolah atau diluar sekolah. Karena bersekolah merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk membawa mereka ke masa depan yang lebih baik dan meneruskan kemajuan bangsa Indonesia.

Tidak mudah bagi Tim KKN-T 12 Umsida beradaptasi dengan siswa-siswi MI Manbaul Ulum, hal ini dikarenakan tidak semua siswa-siswinya memiliki jiwa pemberani untuk memperkenalkan diri dengan tim KKN-T 12 Desa Kendalpecabean. Namun semangat siswa dalam belajar tidak putus asa meskipun di pandemi. Ezza Ian Meynad salah satu anggota KKN-T Desa Kendalpecabean menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tentunya dibantu oleh bapak/ibu guru MI Manbaul Ulum. “Selanjutnya mahasiswa KKN-T 12 menyampaikan beberapa materi pembelajaran disertai games edukatis. Serta memberikan reward kepada siswa sebagai apresiasi dan meningkatkan jiwa keberanian untuk tampil ekspresif di depan umum,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi dari Tim KKN-T 12 mendapatkan pengalaman dan mengerti akan kesabaran dalam mendidik siswa. “Melalui sosialisasi ini kami ucapkan terima kasih banyak kepada bapak/ibu guru yang telah mengizinkan dan membantu program kerja Tim KKN-T Umsida- dalam membantu mengembangkan potensi motorik siswa dalam bidang pendidikan,” tutur Ezza.

Zuroh selaku salah satu guru MI Manbaul Ulum Desa Kendalpecabean senang dengan adanya Tim KKN-T 12 datang di sekolah. “Alhamdulillah kegiatan mengajar dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Mereka juga senang dengan adanya kakak mahasiswa Umsida suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, terutama siswa senang mendapatkan rewardnya,” pungkasnya sembari tersenyum.

Penulis : Trestya Dita Anggraeni & Ezza Ian Meynand
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply