Jaga Kebersihan Desa, Tim KKN-T Umsida Adakan Kerja Bakti

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berupaya untuk melakukan pengabdian dengan kegiatan kerja bakti untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (10/10).

Kegiatan kerja bakti berlangsung pukul 08.00-14.00 WIB yang dilakukan secara bergotong royong bersama masyarakat Tambakrejo. Dengan alat seperti: sabit, cangkul, sapu lidi, gunting tanaman dan centong tanaman, mahasiswa KKN-T Umsida dan masyarakat Tambakrejo melakukan kerja bakti dengan antusias saat membersihkan rumput dan melakukan kegiatan penghijauan berupa menanam tanaman toga di Balai Desa.

Muhammad Nur Fajar, salah satu mahasiswa KKN-T Umsida mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan karena melihat kurangnya tanaman yang tumbuh serta kegiatan kerja bakti tertunda adanya pandemi sehingga kebersihan lingkungan disekitar balai desa Tambakrejo kurang terawat, “Karena adanya pandemi untuk kegiatan kerja bakti menjadi terhambat. Hanya mengandalkan tukang bersih-bersih. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat ikut serta menjaga kebersihan dan keindahan balai desa sekaligus sebagai menjalin silahturahmi antara kami dengan masyarakat tambakrejo,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN-T Umsida yang lain, Akhmad Yusvi Ardiansah mengungkapkan bahwa masyarakat Tambakrejo memiliki solidaritas yang masih sangat terjaga, “Sebagian besar masyarakat sekarang ini memiliki sikap dan perilaku individualis. Memang gak semua. Tetapi, salut masyarakat Tambakrejo solidaritas masih terjaga. Jadi kedepannya diharapkan kegiatan seperti ini harus dilestarikan dan bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Nur Fajar dan Akhmad yusvi ardiansah
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply