Inovatif ! Tim KKN-T 13 Umsida Menciptakan Tempat Sampah Otomatis Bagi Siswa PG & RA Tarbiyatul Aulad

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) 13 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) telah menciptakan sampah otomatis bagi Taman Kanak – Kanak PG & RA Tarbiyatul Aulad, Desa Karangtanjung, Jumat (15/10). Kegiatan pembuatan tempat sampah otomatis ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya membuang sampah pada tempatnya bagi siswa. Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) 13 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) telah menciptakan sampah otomatis bagi Taman Kanak – Kanak PG & RA Tarbiyatul Aulad, Desa Karangtanjung, Jumat (15/10).

Kegiatan pembuatan tempat sampah otomatis ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya membuang sampah pada tempatnya bagi siswa.  Terutama anak kecil yang suka dengan hal-hal baru dan selalu penasaran dengan sistem buka tutup sampah otomatis. Teknolog ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bagi mereka agar selalu membuang sampah pada tempatnya. Proses pembuatan sampah otomatis yang dilakukan oleh tim KKN-T 13 Umsida. Sutasoma salah anggota KKN-T 13 yang mencetuskan ide / gagasan dalam perakitan komponen elektronika pemograman alat. “Pertama, kami melakukan perakitan komponen elektronika serta memogram alat. Kemudian, memasang alat ke badan tempat sampah. Untuk menambahkan nilai estetika maka tim KKN-T 13 juga menghias tempat sampah dengan gambar (Doodle Art),” ujarnya.

Proses pembuatan tempat sampah otomatis ini memerlukan biaa sebesar Rp 300.000 /item. Bahan yang dibutuhkan dalam merenovasi meliputi Arduino UNO, Kabel jumper, motor servo SG90, sensor ultrasonic (sensor jarak), powerbank (sebagai sumberdaya) serta alat yang digunakan yaitu Glue gun, solder, PC, software Arduino IDE. “Proses ini memerlukan waktu selama 5 hari. Kami berharap dengan adanya sampah otomatis siswa menjadi sadar pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan lestari.  Serta menjadikan teknologi sampah otomatis ini sebagai sarana edukasi bagi siswa,” jelasnya sambil menunjukkan tempat sampah otomatis.

Lilik Alfiyah selaku Kepala Sekolah PG & RA Tarbiyatul Aulad menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi program tempat sampah otomatis. “Terima kasih adik mahasiswa Umsida telah menciptakan tong sampah otomatis. Sehingga mempermudah kami dalam mengajarkan edukasi pentingnya membuah sampah pada tempatnya untuk menjaga kelestarian lingkungan,” pungkasnya.
Penulis : Deva Selvia RamadhanniEditor : Anis Yusandita

Leave a Reply