Cegah Penyebaran Covid-19, Tim KKN-T 12 Umsida Ciptakan Box Sterilisasi

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) 12 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menciptakan suatu karya dalam program kerja yang bertujuan untuk dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19 yang diberi nama Box Sterilisasi. Box sterilisasi dapat mensterilkan dokumen dokumen yang akan di serahkan atau diletakkan ke dalam kantor balai desa Kendalpecabean, Kamis (14/10).

Lantaran melihat ada banyaknya dokumen yang keluar masuk di kantor balaidesa dan setiap dokumen pasti sudah banyak orang yang menyentuhnya, maka dari itu tim KKN-T 12 Umsida berinisiatif membuat teknologi tersebut. Dinda Ayu salah satu anggota KKN-T 12 Umsida mengatakan bahwa Box Sterilisasi tersebut dianggap dapat mengurangi angka penyebaran Covid-19. “Di dalam box tersebut terdapat lampu UV yang dipercaya dapat membunuh virus salah satunya adalah virus Covid-19. Selain itu tersedia timer yang berguna untuk memberitahu bahwa waktu pensterilan telah selesai, jadi untuk yang menggunakan box tersebut tidak perlu untuk melihat lihat jam untuk menghitung lama nya waktu pensterilan,” ujarnya.

Tim KN-T 12 Umsida membutuhkan waktu selama seminggu dalam membuat atau merancang Box Sterilisasi dengan menggunakan box plastik. Lalu ditambahkan alumunium foil sebagai penghantar panasnya. Di tempat atau kerangka kayu yang telah dibuat, untuk menambahkan estetika Box Sterilisasi, tim KKN-T Desa Kendalpecabean Umsida memberi pewarnaan dengan mengecat Box Sterilisasi. Tujuan memberikan perwarnaan adalah agar terlihat menarik dan tidak monoton.

Dinda melanjutkan, tahap – tahap dalam menggunakan Box Sterilisasi antara lain memastikan isi Box Sterilisasi dalam keadaan kosong, memasukkan dokumen yang telah disiapkan ke dalam Box Sterilisasi, mengatur lama waktu pada timer yang tersedia di Box Sterilisasi, tunggu hingga waktu pada timer selesai, mengambil dokumen yang telah disterilkan, Tutup kembali Box Sterilisasi dengan benar.

Agus Riyanto selaku Kepala Desa Kendalpecabean dan pihak desa sangat mendukung dengan adanya pembuatan Box Sterilisasi ini. “Adanya Box Sterilisasi ini diharapkan para pegawai dikantor Balai Desa Kendalpecabean terhindar dari virus maupun bakteri pada saat serah terima dokumen dengan orang lain. Selain itu juga mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat” pungkasnya.

Penulis : Dinda Ayu Safalah Tasya Kharisma
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply