Ciptakan Lingkungan Bersih, Mahasiswa KKN-P Umsida dan Warga Sidokerto Lakukan Revitalisasi Fungsi Kali

drpm.umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) 2022 Kelompok 46 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berkolaborasi dengan masyarakat dalam ajang Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali (Sido Resik) di Desa Sidokerto, Buduran.

Mahasiswa KKN-P Umsida Kelompok 46 bersama Warga Desa Sidokerto berhasil menjadikan Desa Sidokerto menjadi pemenang yakni Juara kedua kategori sungai bersih. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari perjuangan aksi bersih-bersih, “Mulai tanggal 25 Januari 2022. Kami semua mahasiswa KKN-P Kelompok 46, juga warga antusias ikut kerja bakti dan hampir setiap hari membersihkan sungai,” ujar salah satu mahasiswa KKN-P Umsida Kelompok 46, Sapna Adelia Surya Putri saat diwawancarai tim Jurnalis Umsida, Kamis (10/2).

Mulai dari penanganan dan pengelolaan sampah di kawasan sungai di Desa Sidokerto, mendaur ulang sampah menjadi kerajinan, “Untuk mengurangi volume sampah, kami bersama warga mendaur ulang bahan bekas menjadi sebuah kerajinan seperti baju, dan hiasan dari botol plastik bekas,” katanya.

Selain itu, pengadaan wahana sebagai wisata baru di Desa Sidokerto. Mulai dari spot foto selfie dan taman, “Tidak hanya kebersihan lingkungan, di Desa Sidokerto juga memiliki wahana untuk spot foto selfie dan taman yang semakin melengkapi kenyamanan lingkungannya. Sehingga cocok digunakan untuk semua kalangan bersantai ria,” ungkapnya.

Sapna mengatakan bahwa aksi bersih-bersih ini berkaitan dengan program kerja kelompok KKN-P Umsida Kelompok 46, “Proker kami yakni kebersihan, kreativitas lingkungan. Karena kami yakin penjagaan lingkungan desa ini bisa menjadi kegiatan yang membawa Desa Sidokerto lebih maju, unggul, jaya, dan bersih hatinya maupun lingkungannnya,” ujarnya.

Kepala Desa Sidokerto, Bapak Ali Nasikin mengapresiasi positif kegiatan dilakukan Mahasiswa KKN-P Umsida Kelompok 46 terjun langsung bersama warga dalam memiliki kepedulian pada Desa Sidokerto, “Saya sangat bangga terhadap warga desa Sidokerto yang bisa bekerja sama dalam lomba kebersihan sidoresik ini. Apalagi dibantu oleh teman-teman mahasiswa KKN-P Umsida yang turut membantu melancarkan kegiatan ini dan sesuai dengan program kerja kebersihan lingkungan Desa Sidokerto. Semoga membawa manfaat bagi kita semua,” imbuhnya.

Penulis : Sapna Adelia Surya Putri dan Herningtyas W.R
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply