KKN-P 57 Umsida Melakukan Penanaman Konsep Sapta Pesona Untuk Penghijauan Di Desa Penambangan

drpm.umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Umsida melakukan penanaman pohon palem dan bunga sepatu di Dusun Kedungsari, Desa Penambangan untuk melakukan penghijauan Rabu, (9/2). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. Penghijauan dilakukan untuk menjadikan lingkungan lebih segar, nyaman, dan asri.

Secara administratif, Desa Penambangan terletak di wilayah Kecamatan Balongbendo dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga. Di sebelah utara berbatasan dengan Desa Wringinanom, di barat berbatasan dengan Desa Wonokupang dan Desa Bogem Pinggir, di selatan berbatasan dengan Desa Bangkalan Wringinpitu, sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Desa Jeruklegi dan Desa Balongbendo.

Desa ini memiliki beberapa macam potensi untuk dikembangkan, salah satunya adalah potensi alamnya yang berupa lahan tanah hitam keabu-abuan dan berdebu. Hal ini sangat cocok sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Desa Sapta Pesona Berdaya Saing Berbasis Potens Lokal Tekologi dan Green Ekonomi”. Tema ini menitikberatkan pada pendampingan desa dengan konsep Sapta Pesona.

Kegiatan peghijauan lingkungan di Desa Penambangan ini beragendakan penanaman pohon palem dan bunga sepatu. Kegiatan penghijauan tersebut melibatkan berbagai pihak seperti Kepala Dusun Kedungsari, masyarakat sekitar dan tim KKN-P 57. Mereka melakukan penghijauan di sepanjang jalan area persawahan di Dusun Kedungsari.

Sebelum melakukan penanaman, tim melakukan persiapan dan mengecek perlengkapan yang akan digunakan untuk kegiatan. Mereka mengawali dengan menggali pohon palem yang ada di pekarangan rumah Kepala Dusun Kedungsari. Kemudian menggali lubang dengan kedalaman kurang lebih 50 cm untuk menanam pohon palem.

Tim KKN-P 57 juga menghias sepanjang jalan dengan menanam bunga sepatu untuk menambah nilai estetika. “Harapan nya, lingkungan di Dusun Kedungsari dan sekitarnya dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi pemanasan global,” ungkap anggota tim.

Penulis : Novi Dwi Jayanti
Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply