Tim KKN-P Kelompok 9 Umsida Berpartisipasi dalam Kegiatan Posyandu di Desa Kedungkendo

drpm.umsida.ac.id- Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Kelompok 9 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berpartisipasi dalam posyandu yang dilaksanakan di Perum TNI AL Blok C10, Desa Kedungkendo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Kamis, (10/02). Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.30 – 10.30

Kegiatan Posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan tempatnya dilaksanakan secara bergilir di 9 pos posyandu yang ada di Desa Kedungkendo. Program Posyandu ini diperuntukkan bagi bayi dan balita mulai usia 0-60 bulan (0-5 tahun). Bersama dengan ibu-ibu kader posyandu, Mahasiswa KKN-P kelompok 9 yang beranggotakan 3 orang ikut membantu proses pelaksanaan kegiatan.

Elfi Saidah selaku Bidan Desa Kedungkendo mengtakan , program Posyandu adalah upaya untuk memeriksa perkembangan dan pertumbuhan pada anak. Sehingga, kemungkinan terjadinya permasalahan stunting atau kekurangan gizi bisa dicegah sejak dini. “Kami berupaya agar semua anak di Desa Kedungkendo mendapatkan fasilitas kesehatan yang sama dan merata,” tuturnya.

Kegiatan Posyandu diawali dengan mengisi daftar hadir. Kemudian dilanjutkan dengan mengukur berat badan dan tinggi badan anak. Selanjutnya pengisian buku Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan status gizi anak. Lalu yang terakhir adalah pemberian imunisasi untuk bayi usia 0–12 bulan dan Vitamin A untuk balita usia 1-5 tahun. Terakhir, setelah mengikuti serangkaian kegiatan Posyandu, setiap anak mendapatkan konsumsi makanan sehat.

 

Ditulis : Erika Laila Fauzia
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply