Peduli Kesehatan Lansia, KKN-P Kelompok 29 Sosialisasikan Diabetes Melitus

drpm.umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Kelompok 29 melakukan kegiatan sosialisasi Diabetes Melitus di Balai Desa Sari Rogo, Minggu (30/1). Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit Diabetes Melitus pada lansia.

Salah satu Mahasiswa KKN-P Umsida Kelompok 29, Taskia Putri Adinda mengatakan, Diabetes Melitus didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin. Insufisiensi fungsi insulin dapat disebabkan oleh gangguan atau defisiensi produksi insulin oleh sel-sel beta Langerhans kelenjar pankreas, atau disebabkan oleh kurang responsifnya sel-sel tubuh terhadap insulin.

Mengingat jumlah lansia di Desa Sari Rogo memiliki angka yang cukup tinggi yakni sebesar 1.495 jiwa dari total secara keseluruhan penduduk yang ada di Desa sari Rogo yakni sebesar 5.261 jiwa, “Hadirnya kami di Desa Sari Rogo untuk memberikan sosialisasi terkait penyakit Diabetes Melitus bagi lansia. Kegiatan ini sekaligus memberikan pemahaman untuk selalu menjaga kesehatan melalui pola makan dan mempertahankan pola hidup yang sehat terutama di masa pandemi seperti saat ini,” ujarnya.

Ibu Lilik selaku warga Desa Sari Rogo mengaku sangat antusias dan senang bisa mendapatkan pengetahuan baru yang mudah dipahami, “Sosialisasi tentang diabetes melitus yang dilakukan oleh adik-adik KKN yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sangat bermanfaat bagi kami, mengingat angka lansia di Desa ini sangatlah banyak dan masih awam dengan pengetahuan kesehatan yang seperti ini. Penjelasan materi diberikan juga mudah dipahami. Saya harap kegiatan seperti ini akan banyak dilakukan oleh adik-adik KKN,” pungkasnya.

Penulis : Taskia Putri Adinda
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply