Wujudkan Desa Sehat, Tim KKN—P 4 Ikut Kembangkan TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) di Desa Sentul

drpm.umsida.ac.id – Guna mewujudkan desa sehat, tim Kuliah Kerja Nyata – Pencerahan (KKN-P) kelompok 4 ikut serta turun lapangan dalam mengembangkan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu desa sentul (TPST), Selasa (08/02). TPST ini terletak di Bahari Lomper Sentul atau Blok Lomper.

TPST Desa Sentul merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, dan pemrosesan akhir. TPST Desa Sentul berdiri sejak tahun 2019.

Awalnya, TPST Desa Sentul ini belum bisa dioperasikan atau belum diterapkan karena banyak kendala yang belum selesai. Alhasil, tim KKN-P kelompok 4 bekerjasama dengan masyarakat Desa Sentul dan perangkat desa berusaha kembali mengembangkannya agar TPST dapat berguna sebagaimana semestinya.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah survei TPST terlebih dahulu dan survei kondisi desa. Dari hasil survei, banyak ditemukan sampah-sampah yang dibuang sembarangan berserakan dipinggiran jalan. Hal ini membuat tim KKN-P kelompok 4 semakin antusias untuk turun lapangan dalam mengembangkan TPST tersebut.

Dalam kegiatan ini, ada beberapa warga dan dua orang perwakilan dari Tim KKN-P 04 Desa Sentul mulai mengecat semua bangunan TPST dengan warna kontras dan cerah, kemudian mengecat tulisan “TPST Desa Sentul KKN-P 04 Umsida”. Kegiatan mengecat atau memberikan tulisan TPST guna untuk memberikan informasi kepada seluruh warga masyarakat Desa Sentul atau warga lain bahwa ada TPST di Desa Sentul. Sebab kebanyakan masyarakat sekitar atau masyarakat umum lainnya masih banyak yang belum mengetahui bahwa ada TPST yang berada di Desa Sentul.

Setelah melakukan pengecatan TPST, tim KKN-P 4 Desa Sentul bersama warga sekitar memasang banner himbauan di berbagai jalan atau tempat yang masih banyak sampah berserahkan atau sampah yang dibuang di sembarang tempat. Dengan adanya himbauan dan petunjuk arah TPST atau tempat TPST diharapkan warga sekitar dan warga umum lainnya memahami dan menerapkan dengan baik. Terlebih di zaman sekarang, lingkungan bersih dan sehat itu sangat penting.

Akhmad Yani, selaku Kepala Desa Sentul memberi apresiasi positif pada kegiatan ini. “(Semoga) dengan datangnya tim KKN-P 4 Desa Sentul dari Umsida memberikan dampak positif dan terbaik untuk Desa Sentul,” katanya. ” Lalu dengan mengembangkan TPST Desa Sentul (juga) dapat memberikan motivasi kepada warga Desa Sentul supaya menumbuhkan rasa kesadaran diri untuk hidup sehat dan diharapan Desa Sentul kedepannya menjadi Desa Sehat yang sejahtera,” imbuhnya.

Ditulis : Kiki Hariyanti
Edit : Angelia Firdaus

Leave a Reply