Mengurangi Sampah Yang Menumpuk, KKN-P 57 Membuat Tempat Sampah Dari Tong Bekas

drpm.umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Umsida melakukan pembuatan tempat sampah dari tong bekas cat di Desa Penambangan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi sampah yang menumpuk di area desa. Selain itu, untuk menjadikan lingkungan yang lebih bersih dari sebelumnya, Kamis-Jum’at (10-11/2).

Tim KKN-P 57 Desa Penambangan mengusung tema “Membangun Desa Sapta Pesona Berdaya Saing Berbasis Potensi Lokal Teknologi dan Green Ekonomi”. Tema ini menitik beratkan pada pendampingan Desa dengan konsep Sapta pesona. Melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di Desa Penambangan merupakan tujuan dan tugas utama bagi mahasiswa KKN-P 57.

Dalam kegiatan ini tim 57 ingin mengingatkan warga Desa Penambangan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama sampah. Sebagai bentuk kepedulian, tim membagikan masing-masing dua tempat sampah yang akan disebarkan kepada tiga dusun di Desa Penambangan. 3 dusun tersebut adalah Dusun Kedungsari, Dusun Plumpang dan Dusun Penambangan.

Dua jenis sampah yang dibagikan merupakan jenis sampah kering dan sampah basah. Proses pengerjaan nya yakni tim membersihkan tong bekas cat untuk menghilangkan sisa-sisa bekas cat yang masih ada pada tong tersebut. Kemudian, mereka melakukan pengecatan dan menghiasnya untuk dijadikan tempat sampah.

Dengan berlangsungnya kegiatan ini, diharapkan lingkungan yang ada di 3 dusun dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Terutama kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya sehingga dapat menjadikan lingkungan yang bersih dan asri,” tutur salah satu anggota tim.

Penulis: Laila Purnama Ningtyas
Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply