Mahasiswa Umsida Membantu Membranding Kue Gajah Oleng Desa Dayurejo

Drpm.umsida.ac.id – Tim KKN-P kelompok 60 Umsida membantu beberapa UMKM yang ada di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Selama kurang lebih 8 hari, tim melalukan pembantuan UMKM mulai dari pemasaran, branding, hingga plotting maps. Hal ini dilakukkan untuk mempermudah kosumen dalam mendapatkan informasi tentang UMKM tersebut, Kamis (10/2).

Sebelumnya, tim telah melakukan survei di Desa Dayurejo. Tim mendapatkan informasi bahwa UMKM Dayurejo sudah begitu maju, sehingga tim hanya membantu hal-hal kecil yang bisa lebih bermanfaat untuk setiap UMKM.

Dari berbagai UMKM, kue gajah oleng menarik perhatian tim 60. Kue ini merupakan salah satu jajanan ciri khas dari Desa Dayurejo tetapi produk tersebut belum dipasarkan secara luas. Hal inilah yang membuat tim 60 ingin membantu memasarkan nya.

Gajah oleng adalah jajanan enak dan gurih yang selalu banjir pesanan dari masyarakat luar desa. Biasanya kue ini selalu hadir untuk keperluan hajatan. Selain itu, masa ketahanan nya yang begitu lama sehingga bisa dikonsumsi dalam jangka panjang menjadi alasan kue ini digemari masyarakat.

Asih, pemilik usaha kue ini mengungkapkan bahwa beliau kurang memahami bagaimana cara memasarkan produk nya. “Saya kurang tahu bagaimana caranya agar produk saya bisa lebih dikenal,” ungkapnya. Namun, permasalahan yang ada tidak hanya terdapat pada pemasaran, akan tetapi juga dalam kemasan yang tidak memiliki merk serta lokasi rumah produksi yang belum ada di maps.

Pada saat ini, persaingan dalam pasar semakin tajam, pertarungan produk tidak lagi terbatas pada keunggulan kualitas atau teknologi. Akan tetapi juga pada usaha untuk medapatkan nilai tambah. Berdasarkan hal tersebut, tim memiliki ide untuk membantu Asih.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman KKN-P kelompok 60 atas bantuannya dalam menangani kendala yang saya hadapi,” ujar Asih. Mahasiswa KKN-P kelompok 60 berharap dengan adanya program pendampingan ini dapat membantu usaha Asih dalam menjual kue gajah oleng.

Penulis : Wa Ode Asma’ul Husna Huesein
Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply