Bimbel Ceria, Memantapkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Di Luar Sekolah

Drpm.umsida.ac.id – Selain berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, kelompok 42 KKN-P Desa Wirobiting juga mengadakan bimbingan belajar ceria. Mahasiswa mengajak siswa SD guna memantapkan pemahaman materi di luar kegiatan sekolah. Bimbel ini diadakan karena mayoritas siswa tidak mengikuti bimbel di luar sekolah (baik bimbel online maupun tatap muka).

Pandemi membuat segala aktivitas menjadi lebih terbatas sehingga siswa perlu dibimbing dalam proses belajar. Terdapat dua sekolah yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini yaitu SDN Wirobiting 1 dan 2. Pada SDN Wirobiting 1, bimbel diadakan di sekolah setelah bel pulang berbunyi. Sedangkan di SDN Wirobiting 2 diadakan di balai desa pukul 18.00.

Bimbel ini dilakukan dua kali dalam seminggu setiap hari Selasa dan Kamis agar siswa tidak jenuh. Dalam bimbel ini, para mahasiswa membantu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah (PR). Selain itu mahasiswa juga telah mempersiapkan permainan edukatif di sela-sela belajar.

“Senang sekali bisa belajar disini dengan kakak-kakak KKN karena bisa bermain sambil belajar, PR kami juga menjadi mudah dan cepat selesai. Kami diberi hadiah jika berani maju dan mengerjakan soal,” ucap Silvi, salah satu siswa SDN Wirobiting 2.

Bimbel ini akan terus dilakukan hingga batas akhir KKN-P selesai, yaitu bulan Maret di minggu pertama. Mahasiswa berharap para siswa dapat lebih memahami materi dengan mudah dan juga melatih percaya diri.

Penulis : Romadhona
Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply