Dukung Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan, Tim KKN-P 39 Adakan Sumbangsih Tanaman TOGA Dan Kerja Bakti Di Desa Sawocangkring

drpm.umsida.ac.id – Dukung kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar masyarakat Sawocangkring, Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) kelompok 39 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan program sumbangasih tanaman toga dan mengajak masyarakat kerja bakti untuk menanam tanaman obat keluarga (toga), Jumat (11/02). Kegiatan ini berlokasi di sekitar daerah RT.06 RW. 02 Desa Sawocangkring Kec. Wonoayu.

Ide program sumbangasih tanaman toga ini muncul karena melihat situasi Desa Sawocangkring yang dirasa membutuhkan banyaknya tanaman toga yang bermacam-macam. Selain itu, dikarenakan pada saat Tim KKN-P Kelompok 39 melakukan survey pertama di Desa Sawocangkring, kepala desa Sawocangkring mempunyai permintaan supaya Tim KKN- P Kelompok 39 agar dapat membantu dalam hal kegiatan asman toga.

Seperti yang sudah diketahui, tanaman toga sendiri merupakan beberapa jenis tanaman obat yang dapat ditanam dengan mudah di pekarangan rumah ataupun di pot plastik. Tanaman-tanaman toga sendiri terdiri dari jahe, kunyit, lidah buaya, daun sirih, dan masih banyak lagi. Keberadaan tanaman toga ini banyak membawa manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya mudah diolah menjadi minuman herbal seperti, jamu kunir, jamu sinom, wedang jahe, wedang sirih dan lain sebagainya. Adapun pengertian dari asman toga sendiri merupakan upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah Kesehatan ringan secara mandiri dengan memanfaatkan Toga (Tanaman Obat Keluarga).

Di awal kegiatan, Tim KKN-P Kelompok 39 menyerahkan sekitar 40 macam tanaman toga kepada “Asman Teman Setia” Desa Sawocangkring. Kemudian dilanjutkan dengan kerja bakti menanam tanaman toga di sekitar lahan RT.06 RW.02 yang telah disiapkan. Target utama kegiatan Tim KKN-P Kelompok 39 ialah bapak-bapak dan ibu-ibu RT.06 RW.02.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu juga penanaman berbagai macam toga (Tanaman Obat Keluarga) yang dapat mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri,” ujar Dwi Amilatus Solicha, salah satu Mahasiswa Tim KKN-P 39 Umsida. Disamping itu juga ini merupakan dari dukungan tim KKN-P kelompok 39 untuk Asman Teman Setia dalam perlombaan Asman Toga se-Kabupaten.

Ibu Malikatin, selaku ketua Asman Teman Setia sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan ini. “Saya Bu Malikatin, Ketua Asman Sawocangkring mewakili kelompok kami Asman Teman Setia mengucapkan banyak terimakasih atas kontribusinya adik-adik semua, baik berupa tanaman toga maupun tenaga yang sangat membantu kami selama ini,” tuturnya. Semua tanaman yang diserahkan adalah pilihan dan banyak manfaatnya, kami akan merawatnya dengan baik dan akan kami kenang selamanya bahwa kerja keras adik – adik membawa manfaat bagi warga lingkungan,” imbuhnya.

Tim KKN-P kelompok 39 berharap dengan adanya sumbangasih tanaman toga dan kegiatan kerja bakti dapat menjadi awal yang baik untuk Asman Teman Setia nantinya dalam perlombaan Asman tingkat Kabupaten. Di sisi lain juga semoga setelah tim KKN-P Kelompok 39 selesai mengabdi di Desa Sawocangkring, kegiatan gotong-royong dapat terus dilaksanakan oleh warga Desa Sawocangkring secara rutin.

Ditulis : Dwi Amilatus Solicha
Edit : Angelia Firdaus

Leave a Reply