Bersama Ibu-Ibu PKK, Mahasiswa KKN-P Umsida Sosialisasikan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga

 

drpm.umsida.ac.id  –   Dalam kondisi pandemi orang tua dituntut agar dapat memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, mulai dari kasih sayang hingga pendidikan yang dapat diberikan sejak dini. Akan tetapi, masih terdapat sebagian besar orang tua khususnya yang tinggal di wilayah pedesaan menganggap bahwa pendidikan bagi anak usia dini tidaklah perlu diterapkan.

Mengenai stigma tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Pencerahan (KKN-P) kelompok 2 Universitas Muhamamdiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan sosialisasi untuk memberikan edukasi tentang pentingnya menerapkan pendidikan dan pola asuh yang sesuai untuk anak usia dini di lingkungan keluarga, Kamis (24/2). Kegiatan ini dilaksanakan bersama ibu-ibu PKK Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.

Mahasiswa KKN-P kelompok 2 mengambil peran dengan menyusun materi untuk memberikan pemahaman akan pentingnya pendidikan anak usia dini di lingkungan keluarga. Beberapa hal yang disampaikan oleh tim KKN-P kelompok 2 yaitu mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak, serta bagaimana memenuhi kebutuhan anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Menurut Shinta selaku Ketua Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru -Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) untuk mendukung perkembangan anak, orang tua perlu bersikap tenang saat menghadapi anak agar mereka dapat memberikan ekspresi yang realistis untuk mendukung proses belajarnya.

“Terdapat strategi pengasuhan positif yang dapat diterapkan oleh orang tua di rumah diantaranya menciptakan suasana yang aman, nyaman dan menyenangkan hal tersebut dapat menimbulkan suasana positif untuk mendukung proses belajar,” ungkapnya.

Shinta juga mengungkapkan, orang tua perlu melibatkan anak dalam berbagai aktivitas di rumah. “Tidak hanya berfokus pada orang tua, melibatkan anak dalam berbagai aktivitas di rumah juga merupakan salah satu bentuk belajar di rumah dengan disiplin positif,” imbuhnya.

Melalui kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan oleh tim KKN-P kelompok 2 Umsida ini, organisasi PKK mengharapkan agar para orang tua dapat lebih memahami setiap karakter anaknya dan memberikan edukasi yang sesuai dengan perkembangannya. Hal tersebut dapat membantu memberdayakan ibu dan anak dalam memberikan pengetahuan pola asuh yang sesuai.

Ditulis : Adilla Syafira Putri dan Mochammad Ricky Johansyah
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply