Tingkatkan Potensi UMKM Desa, Tim KKN-P Umsida Adakan Sosialisasi

Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Kelompok 37 menggelar kegiatan sosialisasi dengan tema “Pendampingan Peningkatkan Kualitas UMKM di Desa Pagerngumbuk dengan Kreativitas dan Inovasi di Era Digital” yang diselenggarakan di Balai Desa Pagerngumbuk, Wonoayu, Sidoarjo, Jumat (25/2).

Sosialisasi ini merupakan program kerja pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Tim KKN-P Umsida Kelompok 37. Tujuan kegiatan ini untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha produknya, sehingga dapat menjangkau pasar lebih luas bahkan hingga ke luar negeri.

“Salah satu permasalahan yang sedang dihadapi UMKM yang ada di Desa Pagerngumbuk yakni kualitas UMKM di tengah masuknya produk asing ke pasar lokal,” ujar Wahyu Danang Setiawan selaku anggota KKN-P Umsida Kelompok 37.

“Hal itulah yang mendasari kami untuk mengadakan kegiatan sosialisasi bagi UMKM di Desa Pagerngumbuk,” imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Pelaku UMKM yang ada di Desa Pagerngumbuk. Dengan mendatangkan Dosen Umsida, Much Firman Mauludin SE MM sebagai pemateri. Kegiatan ini membahas mengenai izin edar atau BPOM yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk UMKM. Tak hanya itu, kegiatan ini juga berbicara mengenai strategi dalam pemasaran produk secara online.

Wakil Koordinator Desa (Kordes), Maulana Rizky Widhiartho berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu masyarakat setempat untuk mengurus izin edar pangan olahan Badan POM dan memasarkan produk secara online, “Semoga dengan adanya kegiatan ini ke depan akan semakin dapat mendorong UMKM lebih maju,” pungkasnya.

Penulis : Wahyu Danang Setiawan dan M. Nur Habib Santoso
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply