Bangga Miliki Destinasi Wisata, Tim KKN-P 56 Lakukan Pembersihan Kolam di Kawasan Agrowisata D’Ganjaran Desa Sambibulu.

drpm.umsida.ac.id – Guna menyukseskan program kerja dengan tema ‘Sapta Pesona’, mahasiswa tim Kuliah Kerja Nyata – Pencerahan (KKN-P) kelompok 56 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan pembersihan total terhadap wahana dan juga kolam yang berada di kawasan Agrowisata D’Ganjaran Desa Sambibulu, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Senin (14/2). Karena area wisata yang cukup luas, pembersihan kolam tidak cukup dilakukan dalam satu hari saja.

Desa Sambibulu yang sekarang lekat dengan julukan desa wisata ini memiliki beberapa wisata dan salah satunya adalah Agrowisata D’Ganjaran. Di area tersebut disuguhkan wahana permainan yang menarik seperti bebek air, mandi bola, perahu mini anak, dan tak ketinggalan yaitu area spot foto.

Namun, aktivitas di kawasan ini mulai menurun sejak pandemi Covid-19 mulai melanda di Indonesia. Hal ini dilihat dari jumlah pengunjung yang terus mengalami penurunan, penjual jajanan satu per satu mulai menutup lapaknya sehingga mengakibatkan tidak berfungsinya roda perekonomian di Agrowisata D’Ganjaran.

Kondisi yang memprihatinkan berdampak pada menurunnya fungsi wahana yang ada. Alhasil banyak sampah dan dahan kering yang berserakan, beberapa perahu mini yang mulai rusak, serta kolam mini yang menjadi kotor dan berkerak.

Pembersihan kolam dimulai dari menguras air yang tampak hijau dan berlumut. Setelah itu dilanjutkan dengan penggosokan lumut yang ada di tembok pembatas kolam itu sendiri. Yang terakhir adalah membenahi jaring-jaring hitam yang ada di atas kolam sehingga tampak rapi dan indah ketika dipandang oleh para pengunjung.

“Dari pihak Agrowisata D’Ganjaran telah merencanakan perombakan kolam yang akan digunakan untuk arena bermain anak-anak, maka dari itu ini adalah langkah yang tepat dari kelompok kita (KKN-P 56) untuk membersihkan kolam yang ada di agrowisata ini, ” jelas Rival selaku ketua kelompok KKN-P 56.

Ditulis : Arief Nur Ichsan dan Farra Dwi Susilo Wardhani
Edit : Angelia Firdaus

Leave a Reply