Pendampingan Pemberdayaan UMKM Menuju Desa Mandiri pada Desa Lemujut

Banyak cara untuk mewujudkan desa mandiri, salah satunya dengan mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Program inilah yang kini perlahan pasti dilakukan oleh Desa Lemujut, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Desa Lemujut, Zulaimin Nur Rofiq, saat tim pengabdian masyarakat UMSIDA yang diketuai oleh Ruci Arizanda Rahayu, SE, MSA, Ak, CA berkunjung langsung ke desa tersebut pada Rabu, 19 Januari 2022 lalu. Bapak Zulaimin Nur Rofiq menyatakan bahwa Desa Lemujut memiliki banyak UMKM namun UMKM tersebut masih dalam taraf bertumbuh, belum berkembang.

Berdasarkan survei awal, jumlah UMKM yang ada pada Desa Lemujut berjumlah 14 (empat belas) dengan rata-rata usaha yang berjalan di bidang kuliner. Keempat belas UMKM inilah yang diberi pelatihan serta pendampingan oleh tim pengabdian masyarakat UMSIDA.

Alshaf Pebrianggara, SE, MM yang merupakan Kaprodi Bisnis Digital UMSIDA memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM mengenai digitalisasi marketing, sedangkan Wiwit Hariyanto, SE, M.Si yang merupakan Kaprodi Akuntansi UMSIDA memberikan pengetahuan mengenai bagaimana langkah dalam menentukan harga pokok produksi serta harga jual atas suatu produk. Dengan adanya transfer knowledge dari tim pengabdi UMSIDA ini, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup warga desa untuk dapat memenuhi kebutuhannya sendiri sehingga desa dapat mandiri secara ekonomi.

Leave a Reply