Mahasiswa Umsida Sosialisasikan Aplikasi Keuangan pada Guru KB – TK Aisyiyah Bustanul Athfal XI Ngelom

Drpm.umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) Kelompok 44 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan sosialisasi aplikasi keuangan pada guru KB-TK Aisyiyah Bustanul Athfal XI Ngelom, Sabtu (13/8).

Pengelolaan keuangan sangatlah penting bagi kelangsungan lembaga untuk mencegah adanya kecurangan, sehingga dibutuhkan keamanan data yang sangat ketat. Tim KKN-T kelompok 44 menilai ada kendala dalam mengontrol pengeluaran sekolah. Selain itu, potensi dari beberapa guru yang memiliki usaha sampingan juga perlu meningkatkan pengelolaan keuangannya. Maka dari itu, tim KKN-T kelompok 44 menyosialisasikan aplikasi keuangan yang dapat digunakan melalui gadgetnya yaitu Aplikasi Akuntansi UKM.

Aplikasi Akuntansi UKM adalah sistem aplikasi keuangan sederhana yang dapat digunakan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta untuk pengelolaan keuangan sehari-hari. Aplikasi Akuntansi UKM ini dapat digunakan secara gratis, tanpa syarat, tanpa iklan, tanpa batasan jumlah transaksi yang bisa dicatat, tanpa batasan jumlah entitas usaha yang dimiliki, tanpa batasan periode melihat laporan keuangan, serta dapat digunakan secara offline.

Fitri Octavia dan anggota tim KKN-T kelompok 44 yang lain membimbing guru TK dalam mengoperasikan Aplikasi Akuntansi UKM. Pemberian bimbingan dimulai dari awal input data usaha sampai menghasilkan laporan keuangan. Meskipun awal ada hambatan pemahaman pada konsep akuntansi, namun mahasiswa tetap semangat membimbing hingga guru dapat memahaminya.

“Alhamdulillah mendapat ilmu baru lagi, aplikasinya bagus dan mudah dipelajari, sehingga mempermudah mencatat keuangan kita untuk keperluan sehari-hari dalam mengelola keuangan usaha dan TK,” tutur Laila, guru KB – TK Aisyiyah XI Desa Ngelom.

“Harapan kami melalui sosialisasi kali ini pengelolaan keuangan baik pada lembaga TK juga usaha guru dapat berjalan dengan baik dan aman. Karena Aplikasi Akuntansi UKM terdapat fitur password pada user yang dapat membatasi pihak mana yang akan mengakses data keuangan tersebut,” tutur Fitri.

Penulis : Mifta Layli Abidah
Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply