Mahasiswa KKN-T 9 Umsida Merenovasi Masjid Al-Ikhlas Desa Sidodadi

drpm.umsida.ac.id –  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata –Terpadu (KKN-T) kelompok 9 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) merenovasi dan membersihkan Masjid Al-Ikhlas di Desa Sidodadi, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu-Minggu (27-28/8). Area renovasi adalah tempat wudhu Masjid Al-Ikhlas.

Mahasiswa KKN-T kelompok 9 Umsida membagi kelompok menjadi 3, kelompok pertama bertugas untuk membuat pijakan kaki tempat wudhu, kelompok kedua bertugas mengecat lantai kamar kamdi dan menutup lubang-lubang yang ada pada tembok masjid, sedangkan kelompok ketiga bertugas untuk membersihkan area masjid secara keseluruhan.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah pembuatan pijakan kaki yang akan diletakkan di tempat wudhu. Dimulai dengan pemotongan besi setelah sebelumnya dilakukan pengukuran luas tempat wudhu yang ada di Masjid Al-Ikhlas. Setelah potongan-potongan besi telah tersambung, dilanjutkan dengan pemasangan pijakan besi tersebut ke tempat wudhu tepat di bawah keran air.

Selesai dengan pijakan kaki di tempat wudhu, mahasiswa mulai melakukan pengecatan dan perbaikan tembok masjid secara bertahap. Setelah itu, dilakukan pembersihan area masjid secara keseluruhan. Dimulai dengan menyapu, lalu membersihkan kaca dan mimbar, hingga mengepel lantai masjid.

“Tujuan dari kegiatan ini ya untuk memperindah kondisi fisik masjid, juga buat membantu permasalahan warga sekitar. Jadi kita bisa memberi inovasi, sehingga warga merasa lebih nyaman saat beribadah,” ujar Abhirama selaku mahasiswa KKN-T kelompok 9 dan penanggung jawab program kerja ini.

Kegiatan ini berlangsung dari jam 8 pagi hingga kurang lebih sekitar jam setengah 5 sore. Dengan begitu, kegiatan oleh KKN-T kelompok 9 Umsida diharapkan dapat memberikan manfaat pada masyarakat Desa Sidodadi.

Penulis: Alda Luhita Citra Rhasmi

Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply