Dorong Optimalisasi Penggunaan Platform Digital, Tim KKN-T Umsida Adakan Sosialisasi

Drpm.umsida.ac.id – Mendorong optimalisasi penerapan dan penggunaan platform digital seperti Aplikasi YouTube di Cabang Aisyiyah Kalipecabean, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata – Terpadu (KKN-T) kelompok 10 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan media sosial YouTube sebagai media edukasi dan media dakwah Aisyiyah Desa Kalipecabean, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (27/8).

Tim Mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata – Terpadu (KKN-T) kelompok 10 Umsida mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan ilmu dan amalan kepada masyarakat. Menurut tim KKN-T kelompok 10 Umsida, berdasarkan hasil kegiatan pengabdian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Aplikasi YouTube dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah ibu-ibu Aisyiyah di Desa Kalipecabean.

“Adapun peningkatan ini tampak pada keaktifan peserta dalam proses pembelajaran dan dari jawaban hasil posttest yang menunjukkan alasan-alasan peserta Aisyiyah dalam memberikan keputusan atas jawaban yang telah dipilih. Sehingga pengembangan media edukasi berbasis Aplikasi YouTube ini dapat memberikan ilmu dan amalan kepada masyarakat khususnya warga Aisyiah itu sendiri,” ungkap M Najil Attabiq, anggota tim KKN-T kelompok 10 setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan media sosial YouTube.

Perkembangan penggunaan internet membuat orang tua khususnya ibu-ibu menjadi lebih inovatif dan dapat menjadikan internet sebagai tempat berbagi serta mengapresiasikan kelebihannya. Aplikasi YouTube kini menjadi salah satu platform yang digunakan ibu-ibu dalam menggali informasi, baik mengenai resep masakan untuk keluarga, parenting, media berdakwah dan lebih banyak lagi.

Dengan demikian, tim KKN-T kelompok 10 juga berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat menjalin erat hubungan antara lembaga perguruan tinggi sebagai sumber ilmu pengetahuan dengan masyarakat.

Penulis : Muhammad Iqbal

Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply