drpm.umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata – Pencerahan (KKN-P) kelompok 14 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan kualitas UMKM dalam pasar digital di Desa Kedondong, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (9/2). Kegiatan berlangsung pada pukul 10.00 WIB.
Sosialisasi ini dilakukan kepada para pelaku UMKM dengan menghadirkan narasumber dari pihak Shopee untuk mementori secara langsung. Dalam kegiatan ini, seluruh peserta tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Covid-19.
Pengadaan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan panduan pengembangan UMKM di situasi pendemi Covid-19. Hal tersebut dilatarbelakangi karena munculnya virus Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian nasional. Banyak usaha yang terancam keberlangsungannya dan mengalami kerugian, termasuk UMKM yang ada di Desa Kedondong. Sehingga kondisi itu juga dapat mempengaruhi terjadinya penutupan usaha. Terlebih lagi pemilik UMKM merupakan pelaku usaha mandiri, dimana mereka sangat bergantung pada produktivitas kesehariannya.
Beberapa produk unggulan UMKM yang ada di Desa Kedondong seperti kasur, bantal, dan mebel. Sebagian besar para pelaku usaha UMKM tersebut mengalami kendala terkait terbatasnya strategi penjualan dan pemasaran.
Maka dari itu, tim KKN-P kelompok 14 melakukan pengabdian masyarakat di Desa Kedondong. Melalui program sosialisasi yang berkolaborasi dengan Shopee, tim berupaya agar dengan hadirnya narasumber dari pihak Shopee dapat memberikan edukasi untuk mengembangkan pangsa pasar mereka dengan memasarkan produknya secara online.
Masyarakat Desa Kedondong yang hadir sangat antusias saat mendengarkan sosialisasi dari pihak Shopee dan bertanya bagaimana cara berjualan di Shopee. Dari pihak shopee juga memberikan formulir yang berisi tentang data pelaku usaha, produk apa yang dijual ataupun diproduksi oleh para pelaku usaha UMKM, dan mencantumkan nomor telpon untuk dimasukkan ke dalam grup Whatsapp. Sehingga para pelaku usaha yang ada di Desa Kedondong dapat belajar lebih dalam terkait strategi penjualan online.
Tim KKN-P kelompok 14 berharap agar melalui sosialisasi ini, para pelaku usaha dapat memahami dan mengetahui strategi penjualan dan pemasaran untuk meningkatkan promosi dan omset penjualan, sehingga dapat bermanfaat dalam jangka panjang keberlangsungan usahanya. Tim KKN-P kelompok 14 juga bersyukur kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.
Ditulis : Muhammad Syauqi Afif
Editor : Shinta Amalia Ferdaus